Share

7 Amalan Salih yang Jadikan Seseorang Ahli Surga, Nomor 1 Sangat Disukai Rasulullah

Ayu Utami Anggraeni, Jurnalis · Senin 30 Mei 2022 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 616 2602309 7-amalan-salih-yang-jadikan-seseorang-ahli-surga-nomor-1-sangat-disukai-rasulullah-1UeRnjxLMS.jpg Ilustrasi amalan salih yang menjadikan seseorang ahli surga. (Foto: Freepik)

MENJADI ahli surga adalah impian setiap kaum Muslimin. Bisa menghuni surga milik Allah Subhanahu wa ta'ala merupakan tujuan hidup di dunia. Maka itu, setiap Muslim hendaknya menggiatkan amalan salih sesuai perintah Allah Ta'ala dan sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Di dalam ayat-ayat suci Alquran, Allah Subhanahu wa ta'ala menggambarkan surga sebagai tempat yang sangat indah. Di sana, kaum Muslimin mudah mendapatkan apa pun yang diinginkan.

Baca juga: Ibu Ini Jadi Mualaf Usai Takjub Dengar Azan dan Sholawat Nabi, Anaknya Satu per Satu Ikut Masuk Islam 

Lantas, apa saja amalan-amalan apa saja yang bisa menjadikan seorang Muslim ahli surga?

Di dalam buku berjudul 'Masuk Surga Tanpa Hisab' karya Abdul Nashir Balih, disebutkan sebuah hadis tentang tiga golongan orang mukmin yang pertama masuk surga.

Mereka adalah orang yang mati syahid, orang yang suci karena kesuciannya, dan hamba sahaya yang beribadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan baik serta memberikan nasihat kepada tuannya.

Dihimpun dari kanal YouTube At-Taqwa, berikut ini amalan-amalan yang bisa menjadikan seseorang ahli surga atau masuk surga milik Allah Subhanahu wa ta'ala.

1. Puasa Senin Kamis

Puasa Senin dan Kamis bisa menjadi salah satu jalan seorang Muslim masuk surga. Sebab pada kedua hari itu pintu surga sedang dibuka dan setiap dosa akan dihapuskan.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Amal-amal kebajikan dilaporkan pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amalanku dilaporkan sedang aku dalam keadaan berpuasa." (HR Tirmidzi)

2. Takziah

Takziah bisa dibilang sebagai amalan ringan yang bisa dilakukan kaum Muslimin. Takziah atau meringankan beban orang lain bisa menjadi amalan yang akan memudahkan seseorang untuk masuk surga tanpa hisab.

Dalam sebuah hadis dikatakan, Allah Subhanahu wa ta'ala akan meringankan beban di dunia dan akhirat seorang yang meringankan beban orang lain.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Barang siapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barang siapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat." (HR Muslim)

Baca juga: Temannya yang Pelit Sakit, Abu Nawas Sembuhin Pakai Cara Datengin Orang-Orang Numpang Makan! 

3. Menjenguk orang sakit

Meski terkesan sepele, amalan ini bisa menjadikan kamu sebagai ahli surga. Mengapa demikian? Sebab ini sebagai bentuk dari menjalin tali silaturahmi bersama keluarga dan kerabat.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Barang siapa yang menyambungku maka Allah akan menyambung hubungan dengannya, dan barang siapa yang memutuskanku maka Allah akan memutuskan hubungan dengannya." (HR Bukhari dan Muslim)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Sholat berjamaah

Allah Subhanahu wa ta'ala menjanjikan kepada orang-orang yang sholat berjamaah dengan ganjaran pahala sebanyak 27 derajat. Namun perlu diketahui maksud dari 27 derajat tidak bisa dijangkau oleh akal. Oleh karena itu, amalan inilah yang bisa menjadikan kamu sebagai ahli surga.

5. Memberi makanan orang miskin

Memberi makan orang miskin atau kurang mampu juga menjadi salah satu amalan ringan yang bisa membuka pintu surga.

6. Menunaikan sholat fardhu

Menunaikan sholat fardhu tepat waktu bisa menjadi cara masuk surga. Selain sholat, tentu kewajiban lainnya sebagai seorang Muslim harus dijalankan seperti puasa Ramadan, membayar zakat, dan menjauhi segala larangan-Nya.

7. Memperbanyak bacaan tauhid

Sering membaca kalimat-kalimat tauhid juga salah satu perintah Allah Subhanahu wa ta'ala yang paling besar. Puncak keutamaan yang dianugerahkan kepada ahli tauhid yaitu bisa mendapat kesempatan masuk surga tanpa hisab.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini