Share

Viral Pesantren Gelar Nikah Massal, Calon Pengantin Baru Diketahui 10 Menit Jelang Ijab Kabul

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 614 2603033 viral-pesantren-gelar-nikah-massal-calon-pengantin-baru-diketahui-10-menit-jelang-ijab-kabul-BAWtJfZHZU.jpg Viral nikah massal unik di pesantren Sidoarjo. (Foto: TikTok @yuganebuumi)

BEREDAR video viral salah satu pesantren di Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar nikah massal unik. Hal yang berbeda adalah calon pengantin baru diketahui 10 menit jelang ijab kabul. Jadi sebelumnya para calon pengantin tidak mengetahui siapa pasangannya.

Dikutip dari unggahan akun TikTok @yuganebuumi, pesantren tersebut rutin mengadakan pernikahan massal setiap lima tahun sekali. Tapi uniknya, semua calon pengantik sama sekali tidak mengetahui siapa jodoh mereka yang akan bersanding di akad nikah.

Baca juga: Merinding Dengar Surat Al An'am, Pemuka Agama Ini Mantap Memeluk Islam 

"Dinikahkan tanpa tahu calon suaminya siapa, dari mana, bagaimana orangnya, dan semua ketakutan yang kalian pikirkan tentang jodoh," jelas unggahan tersebut, seperti dikutip pada Selasa (31/5/2022).

Menurut wanita yang kala itu bertugas merias pengantin, para calon pengantin baru diperlihatkan siapa pendamping mereka pada menit-menit terakhir sebelum ijab kabul.

Viral nikah massal unik di pesantren Sidoarjo. (Foto: TikTok @yuganebuumi)

"10 menit sebelum akad baru diumumkan siapa yang akan menjadi suami tiap mempelai nantinya. Para orangtua wali pun tidak tahu anak-anaknya akan berjodoh dengan siapa," lanjutnya.

Dalam video yang diunggah, tampak para mempelai wanita mengenakan busana pengantin serbaputih. Kepala mereka disematkan mahkota dan roncean bunga melati.

Baca juga: Sayembara Cari Kambing Bertanduk Besar, Abu Nawas Menang Andalkan Tangan Bayi, Aneh Banget! 

Mereka duduk bersama, seperti sedang menunggu acara akad nikah berlangsung. Tidak ada raut wajah tegang dari para santri putri walaupun mereka tidak tahu sama sekali siapa si mempelai pria.

Baik mempelai wanita maupun pria hanya bisa berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala terkait jodoh terbaik yang akan menjadi pasangan seumur hidupnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kisah pernikahan massal yang baru bertemu pasangannya 10 menit sebelum akad nikah ini mendadak viral. Netizen ramai-ramai memberikan komentar pada posting-an tersebut. Ada yang sepakat dengan konsep pernikahan semacam itu, tapi banyak pula yang tidak sepaham.

"Kurang ngerti sama yang kayak gini. Kalau taaruf sih masih mending ya, karena seenggaknya ada gambaran tentang calon. Nikah itu ibadah seumur hidup," tulis akun @bu****** di kolom komentar.

Baca juga: Berbahagialah Orang yang Punya Rambut Uban, Ini Alasannya Menurut Alquran dan Hadis 

"Ya Allah, pasrah ikhlas menerima jodoh pilihan Pak Kyai, semoga sakinah mawadah warohmah," ungkap @sal******.

"Wah kalau aku sih langsung nolak yah, kan belum tau latar belakangnya kaya gimana, takutnya gak sesuai ekspektasi," komentar @pa*******.

"Itu pesantren so i believe semua mempelainya pasti dipilihkan yang terbaik, tapi kan kita tetap gatau dalamnya gimana, ini milih jodoh buat selamanya bukan," kata @Z***.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini