Share

4 Amalan agar Hajat Terkabul dan Rezeki Lancar

Hantoro, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 616 2604397 4-amalan-agar-hajat-terkabul-dan-rezeki-lancar-BoAuJMRjym.jpeg Ilustrasi amalan agar hajat terkabul dan rezeki lancar. (Foto: Shutterstock)

SEDIKITNYA ada 4 amalan agar hajat terkabul dan rezeki lancar. Di antaranya membaca doa-doa sesuai sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dan mengerjakan amal ibadah.

Apa saja amalan agar hajat terkabul dan rezeki lancar? Berikut ini empat di antaranya, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Kisah Mualaf Rapper Napoleon Mirip Umar bin Khattab, Dulu Benci tapi Kini Mencintai Islam 

1. Sholat hajat 

Dikutip dari nu.or.id, sholat hajat merupakan salah satu ibadah sunah yang baik dilakukan apabila seseorang sedang memiliki keinginan atau berada dalam kesempitan.

فمن ضاق عليه الأمر ومسته حاجة في صلاح دينه ودنياه وتعسر عليه ذلك فليصل هذه الصلاة الآتية

"Orang sedang mengalami kesempitan, berhajat untuk membuat mashlahat agama dan dunianya, dan merasakan kesulitan karenanya, hendaklah melakukan shalat sebagai berikut." (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], cetakan pertama, halaman 103)

Sholat hajat tidak memiliki waktu khusus untuk melaksanakannya. Namun ada waktu terlarangnya, yakni setelah subuh hingga muncul matahari atau setelah waktu ashar.

Sholat hajat bisa dilakukan dengan 2 rakaat salam. Paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Baca juga: Eril Putra Ridwan Kamil Belum Ditemukan, Ustadz Adi Hidayat Ajak Masyarakat Terus Mendoakan 

2. Doa setelah sholat hajat

Dikutip dari Rumaysho, ada dua doa yang bisa dibaca setelah sholat hajat, yakni:

Doa Pertama:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِمُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ. يَا مُحَمَّدُ، إِنِّي قَدْ تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّي فِي حَاجَتِي هَذِهِ لِتُقْضَى. اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِيَّ

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafaatnya untukku."

Doa Kedua:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لاَ تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

"Tidak ada sesembahan yang benar melainkan Allah yang Maha Penyantun dan Mahamulia, Mahasuci Allah Rabb Arsy yang agung, segala puji millik Allah Rabb sekalian alam, aku memohon kepada-Mu hal-hal yang menyebabkan datangnya rahmat-Mu, dan yang menyebabkan ampunan-Mu serta keuntungan dari tiap kebaikan dan keselamatan dari segala dosa. Janganlah Engkau tinggalkan pada diriku dosa kecuali Engkau ampuni, kegundahan melainkan Engkau berikan jalan keluarnya, tidak pula suatu kebutuhan yang Engkau ridhai melainkan Engkau penuhi, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Sholat Dhuha

Sholat dhuha adalah salah satu ibadah sunah yang dianjurkan dikerjakan setiap pagi. Sholat sunah ini memiliki banyak manfaat, salah satunya membuka pintu rezeki.

Dhuha secara bahasa artinya nama untuk awal siang hari (pagi). Sedangkan sholat dhuha dalam ilmu fikih artinya sholat sunah yang dilakukan di waktu dhuha, yakni mulai matahari terbit seukuran 1 tombak (7 hasta atau 2,5 meter) sampai waktu zawal (saat matahari tergelincir ke arah barat).

Dari Uqbah bin Amir Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ‎shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ يَا ابْنَ آدَمَ اكْفِنِى أَوَّلَ النَّهَارِ بِأَرْبَعِ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ بِهِنَّ آخِرَ يَوْمِكَ

"Sesungguhnya Allah berfirman: 'Wahai ‎anak adam, laksanakan untuk-Ku 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupi ‎dirimu dengan shalat itu di akhir harimu'." (HR Ahmad, 4: 153. Syekh Syu'aib Al Arnauth berkata sanad hadis ini shahih. Perawinya tsiqah termasuk jajaran perawi kitab shahih kecuali Nu'aim bin Himar termasuk perawi Abu Dawud dan An-Nasa'i)

4. Banyak bersedekah

Banyak-banyak bersedekah juga menjadi pembuka pintu rezeki untuk diri sendiri. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam kitab suci Alquran:

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Artinya: "Katakanlah: 'Sesungguhnya Robb ku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki Nya)’, dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." (QS Saba': 39)

Dalam hadis Qudsi juga disebutkan, Allah berfirman: "Wahai anak Adam, bersedekahlah, niscaya Aku memberi rezeki kepadamu." (HR Abu Dawud)

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini