Share

Cerita Mualaf Barbara, Dapat Hidayah Islam Setelah Terjemahkan Alquran ke Bahasa Prancis

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 621 2611096 cerita-mualaf-barbara-dapat-hidayah-islam-setelah-terjemahkan-alquran-ke-bahasa-prancis-xr58DIXmcl.jpg Wanita cantik asal Prancis bernama Barbara mantap jadi mualaf setelah terjemahkan Alquran. (Foto: YouTube Ummu TV)

ALLAH Subhanahu wa ta'ala mempunyai banyak cara untuk memberikan hidayah Islam kepada seseorang hingga menjadikannya mualaf. Salah satunya dialami Barbara, wanita cantik asal Kota Lila, Prancis. Ia memutuskan mengucapkan dua kalimat syahadat di usianya yang masih 24 tahun.

Barbara adalah seorang mahasiswa magister ilmu sosial di salah satu universitas ternama di Prancis Utara. Sebelumnya ia mengaku tidak pernah mendengar tentang Islam, karena agama di keluarganya hanyalah tren (mode).

Baca juga: Gara-Gara Diberi Lumpia, Bule Cantik Atheis Ini Dapat Hidayah Islam dan Ucap Syahadat 

"Agama untuk keluarga saya adalah mode. Kami tidak berbicara banyak tentang Tuhan atau kepercayaan spiritual," kata Barbara, dikutip dari kanal YouTube Ummu TV, Selasa (14/6/2022).

Akan tetapi Barbara meyakini adanya Tuhan. Ia sendiri sering berhubungan dengan Sang Pencipta yakni dengan cara berbeda. Hal ini karena Barbara tidak pernah mengenal apa itu agama, di mana bisa mencurahkan ketakwaannya kepada Tuhan.

Wanita cantik asal Prancis bernama Barbara mantap jadi mualaf setelah terjemahkan Alquran. (Foto: YouTube Ummu TV)

Kemudian Barbara bertanya kepada dirinya sendiri, bahwa ia meyakini ada cara untuk berkomunikasi serta berhubungan dengan Tuhan dengan cara yang jauh lebih baik.

"Dan saya berharap suatu hari saya menjadi dekat dengan-Nya," ujar dia.

Baca juga: Kisah Cowok Australia Masuk Islam Setelah Pindah ke Rumah Baru di Seberang Masjid 

Suatu ketika Barbara menempuh pendidikan pasca-sarjana dan tinggal di asrama. Di sana ia berteman dengan seorang mahasiswa asal Maroko. Meskipun seorang Muslim, temannya itu tidak pernah membicarakan Islam. Bahkan, gayanya pun lebih condong ke Barat.

Lalu pada musim liburan, Barbara disarankan temannya itu untuk pergi ke Maroko. Segala kebutuhannya akan dijamin selama di sana, dan harga tiket pesawatnya pun relatif terjangkau. Akhirnya Barbara mengikuti saran temannya itu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sesampainya di Maroko, ia merasakan hal-hal yang luar biasa. Biasanya di negaranya dan juga media kerap membicarakan kalau Islam adalah agama yang menyeramkan serta mengancam.

Namun aura berbeda dirasakan Barbara. Selama di Maroko yang penduduknya mayoritas Islam, ternyata mereka sangat santun dan ramah kepada siapa pun. Hal ini berbeda jauh dengan apa yang didengarnya bahwa Islam dinilai tidak aman.

Baca juga: Cerita Bule Cantik Amerika Jadi Mualaf, Awalnya Iseng Pakai Hijab hingga Rasakan Kedamaian Usai Mengenal Islam 

"Tapi di sana, di Maroko, sikap dan tingkah laku mereka sangat baik," kata Barbara.

Setelah liburannya selesai di Maroko, Barbara kembali ke Prancis. Saat itulah pandangannya terhadap Islam menjadi berubah. Ia mulai meyakini bahwa Islam adalah agama yang benar dan dirinya ingin makin mendalaminya.

"Saya ingin tahu tentang Islam bukan dengan prasangka. Saya mulai mempelajari dan membaca Alquran," tuturnya.

Baca juga: Berasal dari Keluarga Anti-Islam, Bule Cantik Ini Jadi Mualaf Setelah Kagumi Gerakan Sholat 

Kemudian Barbara menerjemahkan arti Alquran ke dalam bahasa Prancis. Ia menuliskannya secara hati-hati isi kandungan kitab suci umat Islam ini. Barbara melakukannya selama enam bulan, dan itu membuatnya banyak perubahan dalam hidupnya.

Setelah melalui berbagai banyak hal selama mempelajari Alquran, dirinya pun akhirnya memutuskan menjadi mualaf karena keyakinannya terhadap Islam. Barbara menilai agama Islam telah mengubah hidupnya menjadi lebih baik.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini