Share

Beredar Pesan Situs Pendaftaran Sertifikasi Halal, Ini Faktanya

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 614 2618786 beredar-pesan-situs-pendaftaran-sertifikasi-halal-ini-faktanya-VZGseTNonC.jpg Ilustrasi sertifikasi halal. (Foto: Istimewa/Okezone)

MASYARAKAT diminta selalu waspada dugaan penipuan terkait pendaftaran sertifikasi halal. Kementerian Agama (Kemenag) mengungkapkan ada situs atau aplikasi menyerupai SIHALAL (Sistem Informasi Halal). Adapun situs resmi yang disiapkan pemerintah untuk mengajukan Sertifikasi Halal adalah ptsp.halal.go.id.

Kewaspadaan ini untuk menghindarkan pelaku usaha dari penyalahgunaan data hingga penipuan saat mengajukan sertifikasi halal. Pasalnya, beredar di grup WhatsApp tautan situs sihalal.com. Di dalam situs tersebut terdapat form untuk mengajukan sertifikasi halal.

Baca juga: MUI Keluarkan Fatwa Vaksin Merah Putih Suci dan Halal 

Tampilan muka aplikasi SIHALAL pada ptsp.halal.go.id. (Foto: Kemenag.go.id)

Sekretaris Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag Arfi Hatim menegaskan seluruh isi dan informasi dalam situs tersebut tidak berkaitan dengan aplikasi SIHALAL buatan BPJPH dan tidak berhubungan dengan pendaftaran sertifikasi halal dalam bentuk apa pun.

"Kami imbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati. Silakan mengajukan sertifikasi halal hanya pada aplikasi SIHALAL yang diakses di laman ptsp.halal.go.id," tegas Arfi Hatim, Ahad 26 Juni 2022.

Baca juga: Apes! Abu Nawas Sakit Gigi Berobat ke Tabib, tapi Kok Malah Dibilang Bagus? 

"Jangan mengisi data diri pada aplikasi yang menyerupai SIHALAL di laman situs lain. Karena, BPJPH tidak bertanggung jawab bila terjadi penyalahgunaan data yang diinput," imbuhnya, dikutip dari Kemenag.go.id.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

SIHALAL adalah aplikasi layanan sertifikasi halal berbasis web yang dikembangkan BPJPH untuk mendukung layanan sertifikasi halal. SIHALAL dapat diakses secara daring melalui perangkat komputer atau smartphone dengan akses internet.

Komitmen BPJPH untuk melakukan layanan sertifikasi halal yang diajukan pelaku usaha secara digital melalui sistem informasi ini merupakan pelaksanaan amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39/2021 Pasal 148 bahwa sistem layanan penyelenggaraan JPH menggunakan layanan berbasis elektronik yang terintegrasi.

Baca juga: 4 Alasan MUI Tetapkan Vaksin Merah Putih Suci dan Halal 

Baca juga: 3 Rahasia Terkabulnya Segala Hajat dan Doa, Simak Urutannya Menurut Syekh Ali Jaber 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini