Share

Wamenag Sayangkan Kasus Dugaan SARA Holywings: Melukai Perasaan Umat Beragama

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 614 2620130 wamenag-sayangkan-kasus-dugaan-sara-holywings-melukai-perasaan-umat-beragama-gejQQlMtqB.jpg Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi memberi tanggapan terkait kasus dugaan SARA Holywings. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

WAKIL Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi menyayangkan terjadinya kasus dugaan SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) yang dilakukan Holywings ketika mempromosikan produknya. Menurut dia, hal ini menunjukkan betapa tumpulnya rasa sensitif keberagamaan pihak manajemen.

"Sehingga, tanpa pikir panjang membuat promosi produk yang dapat melukai perasaan umat beragama," kata Wamenag dalam keterangan resminya yang diterima MNC Portal, Selasa (28/6/2022).

Baca juga: Geger Kasus Dugaan SARA Holywings, Ini Sikap Tegas Kemenag 

Lebih lanjut ia mengapresiasi petugas kepolisian yang bergerak cepat, yakni menindak dan menahan para pihak yang diduga terlibat tindak pidana terkait SARA.

"Saya meminta Polri untuk terus mengembangkan dalam proses penyidikannya untuk mengetahui motif perbuatannya," ungkapnya.

Holywings. (Foto: Instagram @holywingsgroup)

Wamenag pun berharap kasus ini bisa dijadikan pelajaran untuk semua pihak, khususnya para pengusaha agar dalam menjalankan bisnisnya tetap mengindahkan nilai-nilai agama.

Baca juga: MUI Apresiasi Polisi Cepat Tangani Kasus Dugaan SARA Holywings: Ini Masalah Serius 

Ia mengingatkan jangan hanya untuk mengejar keuntungan bisnis atau sekadar meningkatkan promosi produknya sampai berani menabrak dan melanggar hukum dan menciderai kesucian agama.

"Saya meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan tindakan anarkis," ajaknya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu dalam ajaran agama Islam, sesuatu yang memabukan seperti miras atau khamar hukumnya haram. Sebab dapat membuat peminumnya jadi merugi, serta awal mula dari segala kerusakan.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُون، إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلاةِ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَاحْذَرُوا فَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّمَا عَلَى رَسُولِنَا الْبَلاغُ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah najis termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat; maka tidakkah kalian berhenti (dari mengerjakan pekerjaan itu)?? Dan taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kepada Rasul-(Nya) dan berhati-hatilah. Jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kewajiban Rasul Kami, hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang." (QS Al Maidah [5]: 90–92)

Dalam ayat lain Allah Subhanahu wa ta'ala juga berfirman:

وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ

Artinya: "Dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk." (QS Al A'raf: 157)

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini