Share

Kenang Tjahjo Kumolo, Abdul Mu'ti: Beliau Berjasa Besar bagi Muhammadiyah

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 03 Juli 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 614 2622496 kenang-tjahjo-kumolo-abdul-mu-ti-beliau-berjasa-besar-bagi-muhammadiyah-DwaekWnE8Y.jpg Ilustrasi Muhammadiyah mengenang jasa besar mendiang Tjahjo Kumolo. (Foto: Puspen Kemendagri/Okezone)

SEKRETARIS Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengenang sosok Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada Jumat 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB. Ia pun menyampaikan belasungkawa dan doa terbaik.

Abdul Muโ€™ti mengungkapkan bahwa Muhammadiyah memiliki kenangan khusus dengan almarhum Tjahjo Kumolo.

Baca juga: MUI Sampaikan Doa untuk Menpan-RB Tjahjo Kumolo: Semoga Apa yang Diperbuat Menjadi Amal Ibadahย 

"Pak Tjahjo adalah seorang yang berjasa besar bagi Muhammadiyah," ungkap Abdul Mu'ti dalam unggahan di kaun media sosialnya. Dia pun mengisahkan hal tersebut.

"Suatu saat saya menghadiri undangan pengajian Ramadhan di rumah dinas Ibu Puan Maharani, waktu menteri PMK. Kebetulan saat itu saya satu meja dengan Pak Tjahjo. Kepada Pak Tjahjo saya sampaikan bahwa badan hukum Muhammadiyah yang diterbitkan oleh Pemerintah Belanda tidak diakui oleh pemerintah kabupaten dan kota di Indonesia. Mereka meminta Akta Notaris Muhammadiyah," tulisnya.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Meninggal karena Sakit dan di Hari Jumat Insya Allah Husnul Khatimah, Ini Dalil-dalilnyaย 

"Mendengar keluhan saya, Mas Tjahjo dengan cepat menjawab. Tidak benar itu. Badan Hukum Muhammadiyah sah dan berlaku. Kedudukannya sama dengan badan hukum yang berlaku. Saya segera urus. Waktu itu Pak Tjahjo menjabat Menteri Dalam Negeri," jelas Abdul Mu'ti.

"Seminggu kemudian, Kemendagri menerbitkan surat yang menjelaskan bahwa badan hukum Muhammadiyah yang diterbitkan Pemerintah Belanda adalah sah dan berlaku. Dengan terbitnya Surat Menteri Dalam Negeri tersebut, Muhammadiyah dan amal usaha tidak banyak mengalami kesulitan terkait badan hukum dan kerjasama dengan berbagai pihak," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Abdul Mu'ti pun berdoa semoga almarhum Tjahjo Kumolo mendapatkan amal jariyah dari ikhtiar baik yang dilakukan untuk membantu dakwah Persyarikatan Muhammadiyah.

"Semoga menjadi amal jariyah Pak Tjahjo. Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya dan mendapatkan tempat di surga," tutupnya.

Baca juga: Bacaan Surat Yasin Lengkap di Alquran Digital Okezone: Ayat 1-83, Teks Arab, Latin, Artinyaย 

Baca juga: Kisah Perjuangan Santri Penghafal Alquran: Demi Memberikan Mahkota untuk Ibu dan Ayah di Akhirat Kelakย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini