Share

6 Peninggalan Nabi hingga Sahabat yang Sangat Menakjubkan, Salah Satunya Ada di Indonesia

Putra Tangguh Salsabil, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 614 2675798 6-peninggalan-nabi-hingga-sahabat-yang-sangat-menakjubkan-salah-satunya-ada-di-indonesia-XdUsdMo2Oi.png Gamis Nabi Muhammad Shallallahu dipamerkan di masjid Turki. (Foto: Istimewa/The Islamic Information)

PENINGGALAN Nabi hingga sahabat selalu menjadi pusat perhatian umat manusia. Peninggalan tersebut bukan hanya ada di Arab, tetapi tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Hal yang membuatnya menarik adalah karena Nabi, Rasul, hingga sahabat adalah manusia mulia di muka bumi. Mereka memiliki tugas khusus dari Allah Subhanahu wa ta'ala, yaitu menyampaikan dan melanjutkan wahyu kepada umat-umatnya.

Terdapat banyak peninggalan dari para Nabi hingga sahabat, bahkan salah satunya disebut-sebut berada di Indonesia. Berikut peninggalan-peninggalan yang menakjubkan tersebut, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Viral Timnas Indonesia Sholat Berjamaah Sebelum Kalahkan Curacao, Jadi Kunci Kemenangan 

Sisa-sisa kapal raksasa Nabi Nuh Alaihissallam ditemukan di Turki. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Cerdas! Abu Nawas Kerjai Balik Jin yang Tawarkan Wanita Cantik 

1. Telapak Kaki Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam

Ketika peristiwa Isra Mikraj, diceritakan bahwa telapak kaki Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam meninggalkan bekas di sebuah batu. Batu tersebut dipisahkan dan disimpan di tempat berbeda yaitu Istana Topkapi dan di Kompleks Masjid Al Aqsa.

2. Gamis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam

Potongan pakaian Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam masih bisa dilihat di Masjid Hikai Sharif, Istanbul, Turki, pada bulan Ramadhan. Beberapa peninggalan Rasulullah dibawa dan disimpan di Istanbul saat pemerintahan Utsmani.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Tongkat Nabi Musa Alaihissallam

Nabi Musa Alaihissallam pernah diceritakan membelah Laut Merah demi menghindari kejaran tantara FIraun. Lalu Nabi Musa membelah Laut dengan tongkatnya. Setelah pengikut Nabi Musa melewati Laut Merah, laut itu langsung tertutup lagi.

4. Tabut Perjanjian Nabi Musa Alaihissallam

Tabut ini ditemukan di Goa Yeremia. Peninggalan ini menggemparkan dunia, karena saat itu Nabi Musa Alaihissallam berdiam diri di gua sebelum akhirnya menerima wahyu berupa Kitab Taurat.

Tabut adalah sebuah wadah penyimpanan untuk menyimpan dokumen-dokumen penting. Tabut ini bisa dibilang cukup unik karena dilapisi emas.

5. Bahtera Nabi Nuh Alaihissallam

Nabi Nuh Alaihissallam sangat dikenal karena kisahnya membangun sebuah kapal atau bahtera raksasa sebagai perintah dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Ia membangun bahtera tersebut untuk pengikutnya. Peninggalan ini ditemukan di Gunung Agri, Turki, oleh kelompok Noah’s Ark Ministries.

6. Pedang Khalid bin Walid sahabat Nabi Muhammad

Khalid bin Walid bisa disebut sebagai panglima perang Islam dalam pasukan yang dipimpin oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, karena sejarahnya yang menakjubkan dalam perang. Pedang Khalid bin Walid berada di Museum Rasulullah di Indonesia, bersama 200 pedang lainnya.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini