Share

Hari Kereta Api Nasional, Baca Doa Ini ketika Naik Moda Transportasi agar Selamat Sampai Tujuan

Hantoro, Jurnalis · Rabu 28 September 2022 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 614 2676389 hari-kereta-api-nasional-baca-doa-ini-ketika-naik-moda-transportasi-agar-selamat-sampai-tujuan-d1tsBpC69o.jpg Ilustrasi doa naik kereta di momen Hari Kereta Api Nasional 2022. (Foto: Antara)

HARI Kereta Api Nasional diperingati setiap tanggal 28 September atau bertepatan dengan hari ini Rabu (28/9/2022). Dalam agama Islam, ada ajaran mengamalkan doa-doa ketika menaiki moda transportasi, termasuk kereta api. Tujuannya supaya selamat sampai tujuan.

Membaca doa ketika naik moda transportasi, termasuk kereta api, juga akan membuat hati menjadi tenang karena terus mengingat dan dalam perlindungan Allah Azza wa Jalla. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya: "Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS Ar-Ra'd: 28)

BACA JUGA:5 Doa Mendatangkan Rezeki yang Tidak Terduga, Yuk Diamalkan 

Info grafis doa naik kendaraan. (Foto: Okezone)

BACA JUGA:Selamat Hari Kereta Api Nasional 28 September, Ini Sejarahnya Sejak Masa Penjajahan 

Dinukil dari aplikasi Apa Doanya, berikut doa naik moda transportasi supaya selamat dalam perjalanan dan dihindarkan dari musibah oleh Allah Subhanahu wa ta'ala:

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ . وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhaanalladzi sakhkhoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa innaa ila robbinaa lamunqolibuun

Artinya: "Maha Suci Allah yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami." (QS Azukhruf: 13–14) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Jangan lupa juga membaca doa safar atau melakukan perjalanan jauh, termasuk ketika menggunakan moda transportasi kereta api. Berikut ini lafadznya:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: "Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini