Share

5 Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia, Ada dari Indonesia Lho!

Putra Tangguh Salsabil, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2022 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 614 2680944 5-pengusaha-muslim-terkaya-di-dunia-ada-dari-indonesia-lho-oHoC8AuiCn.jpg Ilustrasi deretan pengusaha Muslim terkaya di dunia. (Foto: Pixabay)

DERETAN pengusaha Muslim terkaya di dunia sangat menarik diketahui. Diketahui selama ini didominasi dari Timur Tengah dengan sekira 22 miliarder yang masuk jajaran orang terkaya di dunia.

Diambil dari data Forbes, para pengusaha Muslim terkaya di dunia di antaranya berasal dari Uni Emirat Arab, Lebanon, Oman, Mesir, dan Aljazair.

Ada juga pengusaha Muslim asal Indonesia yang masuk deretan orang terkaya di dunia. Siapa sajakah mereka? Berikut 5 di antaranya, sebagaimana telah Okezone himpun:

BACA JUGA:Keren! Muslimah Cilik Usia 9 Tahun Ini Kembangkan Aplikasi iOS, Tuai Pujian Bos Appleย 

1. Azim Premji

Membangun bisnis software terbesar di dunia dari usaha minyak goreng peninggalan ayahnya. Azim Premji membangun Wipro Corporation yang menjadi pemasok software bagi sebuah ponsel, software yang Azim ciptakan digunakan oleh berbagai ponsel canggih, salah satunya di Indonesia.

Berani mengambil langkah berbeda dari bisnis awalnya, Azim memanfaatkan keluarnya perusahaan besar IBM dari India dan coba mengambil alih pasar dengan mengalihkan bisnis minyak ke bidang teknologi.

Gebrakannya terbukti sukses dan mampu bersaing, bahkan perusahaannya bisa bekerja sama dengan Sun Microsystem, General Electric, dan Motorola.

Dengan kekayaan setara Rp127 triliun, Azim menduduki peringkat orang terkaya ke-206 di dunia dan ke-18 di India.ย 

Ilustrasi pengusaha Muslim terkaya di dunia. (Foto: Pixabay)

BACA JUGA:Kisah Pria Hindu Berterima Kasih ke Pemuda Muslim Diselamatkan dari Kerusuhan Leicesterย 

2. Shahid Khan

Pengusaha berdarah asal Pakistan-Amerika ini adalah konglomerat otomotif dan olahraga yang terkenal di Amerika. Pemilik Flex-N-Gate, Jacksonville Jaguar, Fulham FC, dan All Elite Wrestling.

Berawal dari mencuci piring di salah satu restoran di Amerika, dirinya membuktikan bahwa dia bisa sukses.

Shahid Khan bergabung dengan perusahaan Flex-N-Gate dan dipilih untuk menjabat menjadi direktur teknik perusahaan serta menjadi pelopor bumper mobil pikap khusus dan perbaikan body shop, pada akhirnya ia membeli perusahaan itu dan sekarang memiliki 69 pabrik di seluruh dunia.

Dengan kekayaan sebesar Rp109 triliun, dirinya menjadi orang terkaya ke-313 di dunia.ย 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Abdulsamad Rabiu

Pengusaha berusia 61 tahun ini menjadi salah satu pengusaha terkaya di dunia. Dirinya mewarisi tanah dari ayahnya dan memulai karier sebagai pengimpor besi, baja, dan bahan kimia.

Abdulsamad Rabiu juga membangun bisnis pemurnian gula, produksi semen, sampai real estate. Pada januari 2020, dirinya meleburkan perusahaan semen miliknya Obu cement dengan Cement Co of Northern.

Kekayaan Rabiu mencapai Rp95 triliun dan menjadikan dirinya sebagai orang terkaya ke-361 di dunia.

4. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung mendapat julukan "Si Anak Singkong". Dia adalah seorang pengusaha yang menaungi berbagai macam sektor. Mulai keuangan, ritel, media, property, perhotelan, fashion, makanan, dan minuman.

Beberapa merek yang dikuasai oleh perusahaan milik Chairul Tanjung adalah Bank Mega, Allo Bank, Versace, Wendyโ€™s, Baskins Robbins, Coffe Beans and Tea Leaf, Transmedia, Trans Luxury Hotel, Transmart, Trans Mall, dan Trans Studio.

Dengan kekayaan yang mencapai Rp123 Triliun, dirinya menempati posisi orang terkaya ke-263 di dunia dan ketiga terkaya di Indonesia.ย 

5. Aliko Dangote

Pengusaha asal Nigeria ini memiliki banyak bisnis di berbagai sektor, seperti sector minyak, gas bumi, barang konsumsi, dan manufaktur. Dangote juga memiliki kilang gula terbesar kedua di dunia, terlahir dari dunia bisnis.

Dirinya tumbuh bersama kakeknya yang sempat menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Dari situ Dangote lebih cepat tertarik dengan dunia bisnis.

Awalnya dia memulai dengan bisnis impor. Lalu dia sadar bisnis ini tidak akan berkembang lebih besar jika hanya sebagai perantara.

Setelah itu, dirinya mulai membangun bisnis dan membuat apa pun yang diimpor selama ini seperti gula, garam, dan tepung. Dengan kekayaan yang mencapai Rp209 triliun, dirinya menjadi orang terkaya ke-130.

Wallahu a'lam bisshawab.ย 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini