Share

Dugaan KDRT Lesti Kejora, MUI: Sangat Bertentangan dengan Ajaran Islam

Hantoro, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2022 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 614 2681760 dugaan-kdrt-lesti-kejora-mui-sangat-bertentangan-dengan-ajaran-islam-C3DXP5niII.jpg Ilustrasi MUI tanggapi kasus dugaan KDRT Lesti Kejora. (Foto: Instagram @lestykejora)

PUBLIK Tanah Air dihebohkan kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT yang dialami artis Lesti Kejora. Lesti melaporkan suaminya Rizky Billar atas dugaan kekerasan tersebut.

Dikutip dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan Remaja dan Keluarga (PPRK) MUI Sulsel Profesor Dr Hj Siti Aisyah Kara MA Ph.D saat dimintai pendapatnya via telepon mengatakan bahwa kasus KDRT yang diduga dilakukan Rizki Billar terhadap istrinya Lesti Kejora itu sangat bertentangan dengan ajaran agama Islam.

BACA JUGA:Hasil Visum Lesti Kejora, Polisi: Ada Kekerasan oleh Benda Tumpul 

 

Islam sangat melarang seorang suami melakukan kekerasan fisik maupun non-fisik kepada istrinya. Ini sebagaimana dalam Alquran dikatakan Wa’asyiru Hunna Bil Ma’ruf (Perlakukanlah mereka istri-istrimu dengan baik). Hal ini sangat tidak berdasar dalam Islam untuk membenarkan kekerasan dalam rumah tangga.

Menurut Prof Aisyah Kara, apa yang dilakukan Lesti dengan melaporkan suaminya itu sudah benar, walaupun sang suami tidak terbukti selingkuh, tidak dengan serta-merta boleh memukul istrinya. Apalagi jika ada bukti, itu adalah kekerasan psikologis yang sangat besar bagi seorang istri.

BACA JUGA:Umat Islam Sholat Id 3 Kali dalam Setahun pada 2033, Sangat Langka Terjadi! 

"Penelitian saya di Makassar menunjukkan bahwa istri yang diselingkuhi ataupun dipoligami oleh suami itu lebih memilih mengidap penyakit kanker daripada diselingkuhi," beber Guru Besar UIN Alauddin Makassar ini, dikutip dari mui.or.id, Kamis (6/10/2022). 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia melanjutkan, dalam konteks ini MUI Sulsel sangat mengecam hal itu. Seorang suami yang Islami tentu kemarahannya tidak dengan serta-merta melakukan kontak fisik kepada istri, sebagaimana dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam saat istrinya Aisyah dituduh selingkuh oleh orang lain, Rasulullah hanya terdiam.

Jadi, jika pada suatu saat sang istri mengalami hal seperti ini, sebaiknya ada komunikasi yang baik seperti dengan mengklarifikasi serta lakukan negosiasi di dalam rumah tangga atau melibatkan keluarga kedua belah pihak, bukan dengan cara memukul, membanting, dan mencekik istri.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Kamis 6 Oktober 2022M/10 Rabiul Awal 1444H 

BACA JUGA:Inspiratif! Pemuda Mualaf Ini Buka Pintu Hidayah Istri, Ibu, Neneknya hingga Ikut Bersyahadat 

Prof Aisyah Kara menilai kasus dugaan KDRT Lesti Kejora dan Rizki Billar sudah keterlaluan. Pasalnya, hal itu dilindungi dalam Undang-Undang KDRT Nomor 23 Tahun 2004 dan melaporkannya adalah sebagai tindakan tegas dalam kasus ini.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini