Share

Viral Penjual di Jeddah Fasih Bahasa Sunda: Kadieu-Kadieu, Sok Atuh, Mangga

Fini Nola Rachmawati, Jurnalis · Rabu 26 Oktober 2022 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 26 614 2694720 viral-penjual-di-jeddah-fasih-bahasa-sunda-kadieu-kadieu-sok-atuh-mangga-ujYtyuR8Af.jpg Viral penjual di Jeddah fasih bahasa Sunda. (Foto: Instagram @sahabatsurga)

VIRAL seorang penjual di Kota Jeddah, Arab Saudi, fasih bahasa Sunda. Netizen pun takjub melihatnya, apalagi sang penjual berbicara dengan sangat lancar dan ramah kepada para jamaah haji dan umrah asal Indonesia.

Dalam video viral yang diunggah akun Instagram @sahabatsurga, tampak seorang penjual di sebuah toko oleh-oleh di Jeddah lancar berbicara bahasa Sunda.

BACA JUGA:Viral Pelayan Rumah Makan Sangat Ramah Layani Orang Gangguan Jiwa meski Bayar Pakai Koran Bertuliskan Rp100 Ribu 

Viral penjual di Jeddah fasih bahasa Sunda. (Foto: Instagram @sahabatsurga)

BACA JUGA:Viral Driver Ojol Gendong Pengendara Pingsan di Jalanan, Netizen: Moga Selalu dalam Lindungan Allah 

Dari penampilannya, penjual tersebut adalah orang Arab, tidak terlihat seperti warga negara Indonesia (WNI). Hebatnya, ia menawarkan barang yang dijual menggunakan bahasa Sunda.

"Kadieu-kadieu, sok atuh, mangga (Sini-sini, silakan, silakan masuk)," ujar sang penjual di Jeddah berbahasa Sunda dengan lantang seraya mengajak para pembeli menghampirinya.

Penjual itu memang berbahasa Sunda dengan kosakata sehari-hari, tetapi membuat perhatian para pembeli, karena mengucapkannya dengan lancar sekali. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Video viral tersebut membuat netizen yang melihatnya juga ikut tertawa sekaligus terkejut.

"Tamu dr Indonesia selalu mendominasi di sana. Alhamdulillah papan petunjuk pun berbahasa Indonesia di sana. Tapi kalo aku Ibh suka yg teriak halal halal halal," tulis akun @ayya*** di kolom komentar.

"Saking sering dan banyaknya jamaah dari Indonesia. Selain ibadah, berburu oleh-oleh adalah wajib. Jadi semua pedagang fasih bahasa Indonesia dan daerah2 tertentu. Ditambah org Indonesia ramah2 mau ngajarin. Weesss kayak Tanah Abang tuh tukang jualannya," komentar @rama***.

"Jeddah rasa Puncak hahaha," kata @ana***.

"Fix ini mah mereka kalo ke Indonesia pasti ke Curug Cilember," tukas @faa***.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini