Share

Indahnya Museum Seni Islam Terbesar yang Kembali Dibuka Jelang Piala Dunia 2022 Qatar

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 18 November 2022 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 18 615 2709982 indahnya-museum-seni-islam-terbesar-yang-kembali-dibuka-jelang-piala-dunia-2022-qatar-neovs6lJkJ.jpg Museum Seni Islam di Doha kembali dibuka menjelang Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: mia.org.qa)

MENJELANG gelaran akbar Piala Dunia 2022 Qatar, Museum Seni Islam terbesar yang terletak di Kota Doha, Qatar, kembali dibuka. Para wisatawan hingga suporter sepakbola dari mancanegara pun bisa mengunjunginya.

Dikutip dari About Islam, sebelumnya Museum Seni Islam terbesar di dunia itu sempat ditutup selama 18 bulan karena sedang dilakukan renovasi. Kini segala persiapan sudah selesai dilakukan dan siap menyambut para pengunjung.

Direktur Museum of Islamic Art Julia Gonnella mengatakan bahwa museum ini adalah tempat terbaik untuk mempelajari budaya, kesenian, dan sejarah Arab serta Islam secara lengkap.

BACA JUGA:Piala Dunia 2022, Megahnya Masjid Imam Muhammad bin Abdul Wahhab di Qatar Berkapasitas 30.000 Jamaah 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

BACA JUGA:6 Negara Muslim Peserta Piala Dunia 2022, Termasuk Tuan Rumah Qatar 

Koleksi Peradaban Islam

Museum Seni Islam yang dibangun pada 2008 menyimpan berbagai artefak kuno dari peradaban Muslim sejak 1.400 tahun silam. Benda-benda peninggalan era Kesultanan Fatimiyah, Ottoman, Mamluk, Qajar, Umayyah, Dinasti Muhammad Ali, dan lainnya ada di museum ini.

Museum karya IM Pei ini memiliki arsitektur unik. Museum ini juga dibangun di atas pulau buatan dan menjadikannya mengapung di atas lautan.

Luasnya sekira 45.000 meter persegi. Museum ini terdiri dari lima lantai dengan desain bangunan yang sangat luar biasa indah. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Selama direnovasi, Museum Seni Islam menambah banyak koleksi baru. Tidak hanya itu, koleksi yang ada di lantai lima juga ditata ulang dengan ada sekira dua per tiga dari 1.000 pameran baru.

Para pengunjung akan dibuat takjub dengan koleksi-koleksi kuno yang ada. Mulai barang berbahan keramik, permata, ukiran kayu, tekstil, maupun besi dan baja dari abad ke-7 sampai 19 masehi. 

Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Reuters)

Museum Seni Islam ini juga didedikasikan sebagai pusat pendidikan dan informasi di bidang seni dunia Islam. Selain itu juga tempat menjaga serta merawat keberagaman peninggalan peradaban Islam pada masa lalu.

Pembukaan Museum Seni Islam ini tidak lepas dari kemeriahan Piala Dunia 2022 Qatar yang akan bergulir 20 November. Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai wisata yang ada di Qatar, salah satunya museum ini.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini