Share

Hari Guru Nasional, MUI: Momentum Mengingat Jasa-Jasa Mereka

Hantoro, Jurnalis · Sabtu 26 November 2022 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 614 2714867 hari-guru-nasional-mui-momentum-mengingat-jasa-jasa-mereka-zIF81qpFyi.jpg Ilustrasi MUI turut memperingati Hari Guru Nasional. (Foto: Okezone)

SETIAP tanggal 25 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Ini merupakan momen semua pihak di Tanah Air untuk mengingat jasa-jasa mereka, apalagi para guru telah berfungsi sebagai ujung tombak pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Cuma pertanyaannya, apakah nasib guru tersebut sudah baik atau belum? Kalau guru-guru dari ASN boleh dikatakan sudah memadai. Tapi kalau guru-guru honorer yang jumlahnya 24 persen dari total guru yang ada di negeri ini boleh dikatakan masih jauh dari yang diharapkan," kata Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Anwar Abbas dalam keterangannya yang diterima Okezone, Jumat 25 November 2022.

BACA JUGA:20 Ucapan Selamat Hari Guru Islami, Penuh Doa Kebaikan 

Waketum MUI KH Anwar Abbas. (Foto: Istimewa/Sindonews)

BACA JUGA:Hari Guru Nasional, Ini 7 Adab Murid kepada Guru Menurut Ajaran Islam 

Ia mengungkapkan, kalau hal ini dibiarkan tentu akan berdampak buruk terhadap kualitas pendidikan dan pengajaran yang ada. Apalagi dari hasil Uji Kompetensi Guru yang telah dilaksanakan ternyata masih banyak guru di negeri ini yang nilai hasil tes kompetensinya masih belum memuaskan.

"Baik dalam hal yang terkait penguasaan kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesional, penyiapan strategi belajar untuk siswa, pengelolaan kelas, pemahaman atas mata pelajaran yang diampu, dan kemampuan guru dalam mengevaluasi pembelajaran," jelas Ketua PP Muhammadiyah ini. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dia melanjutkan, untuk itu dengan adanya momentum Hari Guru Nasional, diharapkan kepedulian semua pihak terhadap guru akan meningkat.

"Sehingga dunia pendidikan kita diharapkan akan dapat mendorong negeri ini untuk menjadi negeri yang lebih baik dan lebih maju lagi ke depannya. Semoga," pungkasnya.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini