Share

Luar Biasa! Abu Nawas Bisa Seberangi Lautan Tanpa Berenang

Fini Nola Rachmawati, Jurnalis · Minggu 27 November 2022 06:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 26 614 2715257 luar-biasa-abu-nawas-bisa-seberangi-lautan-tanpa-berenang-rjWnepixM0.jpg Ilustrasi humor Abu Nawas seberangi lautan tanpa berenang. (Foto: Istimewa/Okezone)

DIKISAHKAN Baginda Raja tiba-tiba memanggil Abu Nawas. Ternyata Raja punya tugas yang harus Abu Nawas selesaikan. Tugas ini terbilang aneh dan mustahil.

"Misi apa itu, Yang Mulia?" tanya Abu Nawas kepada Raja dengan penuh penasaran, sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Tabassam Official, Ahad (27/11/2022).

"Begini, kau tahu kan negeri kita ini punya teluk yang luas, tapi sayang tidak pernah ada satu orang pun sanggup menyeberanginya. Apakah kau mau berenang ke sana?" tanya Raja.

BACA JUGA:Kisah Abu Nawas Asyik Bercengkerama dengan Penghuni Kuburan, Alasannya Gak Masuk Akal! 

Abu Nawas tidak bisa berkutik. Dia tergagap. Kemudian dengan sangat terpaksa berujar, "Ya, saya akan mengerjakannya, Yang Mulia."

Pertemuan selesai. Abu Nawas menggerutu begitu meninggalkan istana. Kepalanya tiba-tiba menjadi berat. Susah diajak berpikir. Asam lambungnya juga naik, tanda stres sedang hinggap.

Selanjutnya si cerdik ini berjalan gontai ke pantai. Ia memandangi teluk yang luas itu. Beberapa kali Abu Nawas menarik napas dalam-dalam.

Pikirannya masih kalut, ketika dia akhirnya duduk di bawah sebuah pohon palem. Dia coba mencari ide menyiasati misi yang mustahil tersebut.

Pada waktu itu Abu Nawas melihat pakaian anak-anak tergeletak di atas bebatuan di sampingnya. "Di mana anak itu? mereka pasti berenang di pantai," gumam Abu Nawas.

Seketika itu juga, kepala Abu Nawas tiba-tiba enteng. Asam lambungnya normal-normal saja. Cuma kepengin makan yang enak-enak. Senyumnya pun terkembang. Tampaknya dia telah menemukan ide cemerlang.

BACA JUGA:Modal Biji Gandum, Abu Nawas Bisa Ajari Keledai Membaca, Luar Biasa! 

Abu Nawas lalu pulang dan bangun pagi-pagi sekali pada hari berikutnya. Dia langsung berangkat ke pantai dengan membawa pakaian ganti.

Sambil tersenyum, Abu Nawas melepaskan pakaian dan cincinnya, lalu meletakkannya di pasir. Dia juga melepaskan sepatunya dan meletakkannya di samping pakaiannya. Setelah itu, Abu Nawas pergi.

Satu jam kemudian raja dan para menteri datang ke pantai. Mereka terkaget-kaget ketika mengetahui ada pakaian Abu Nawas yang teronggok di atas pasir.

Mereka pun berspekulasi Abu Nawas sedang berenang mengarungi laut untuk mencapai teluk. "Luar biasa ini orang," ucap Raja sambil geleng-geleng kepala. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Meski begitu, beberapa ajudan Raja ada yang tidak yakin jika Abu Nawas benar-benar berenang menyeberangi lautan. Mereka akhirnya pergi mendatangi rumah Abu Nawas untuk memastikan keberadaannya.

Sayang di sana rombongan Raja hanya bertemu istri Abu Nawas yang menceritakan keberadaan suaminya.

"Kemarin ia bercerita kalau akan berenang menyeberangi teluk. Dia berkata bahwa Yang Mulia memerintahkannya melakukan demikian. Sebenarnya saya tidak tega membiarkannya pergi karena saya tahu dia bukan perenang yang baik," kata istrinya dengan nada sedih.

Kemudian salah seorang pegawai istana datang kepada Raja dan menyampaikan sebuah kabar bahwa Abu Nawas telah ditemukan oleh nelayan. Abu Nawas dijemput oleh rombongan Raja di tepi pantai dengan keadaan pura-pura pingsan.

Melihat Abu Nawas tidak berdaya, Raja kemudian berupaya membangunkannya. Beruntung senyuman manis Abu Nawas setelah tersadar membuat lega Raja, karena Abu Nawas selamat dari maut.

"Kau hebat, Abu Nawas," pungkas Baginda Raja Harun Ar-Rasyid.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini