Share

Berkat Keajaiban Sholawat, Muslimah Ini Sukses Bisnis Budidaya Ikan Gurame

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Rabu 30 November 2022 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 614 2717665 berkat-keajaiban-sholawat-muslimah-ini-sukses-bisnis-budidaya-ikan-gurame-kNuhbaf1v6.jpg Muslimah Elvy Sri Rahayu sukses bisnis budidaya ikan gurame berkat keajaiban sholawat. (Foto: YouTube Pecah Telur)

ELVY Sri Rahayu (30) merupakan seorang guru sekolah dasar (SD) yang berdomisili di Srengat, Blitar, Jawa Timur. Ia menjadi sosok penting di balik suksesnya bisnis King Gurame.

Usaha budidaya ikan gurame ini makin berkembang dengan melakukan berbagai inovasi pada pengolahan ikan pasca-panen dan bekerja sama dengan beberapa rumah makan serta restoran.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Rabu 30 November 2022M/6 Jumadil Awal 1444H 

Sebelumnya Elvy memiliki usaha kerajinan dan menjual buku yang ditulisnya sendiri kepada ibu-ibu yang ada di perdesaan.

Perjalanan hidup Elvy memang tidak semudah yang terlihat saat ini. Ia harus menelan pahit hidup akibat kebiasaan buruk sang ayah. Terlilit utang hingga ratusan juta yang kemudian membuatnya beralih dan fokus menekuni usaha budidaya ikan gurame milik ayahnya. 

Muslimah Elvy Sri Rahayu sukses bisnis budidaya ikan gurame berkat keajaiban sholawat. (Foto: YouTube Pecah Telur)

Seiring berjalannya waktu, kondisi makin buruk. Sang ayah hanya sanggup untuk terus mengandalkan pinjaman utang hingga beberapa koperasi, bank, kerabat, juga tetangga.

Elvy sebagai anak pertama diminta untuk turut membantu meringankan beban ayahnya. Berbagai aset dan surat-surat berharga lainnya pun tidak luput dan habis untuk menutupi kewajiban utang tersebut.

BACA JUGA:Ini Bacaan serta Keutamaan Memperbanyak Sholawat Nabi di Hari Jumat 

Kembali ke tahun 2019, Elvy dihadapkan dengan sebuah cobaan. Ia harus memberi makan 20.000 ikan. Ini membutuhkan modal yang sangat besar di tengah-tengah kondisi keuangannya yang sulit.

Tidak berhenti di situ. Elvy kembali dihadapkan dengan cobaan lain, yaitu saat kolam untuk ikan-ikannya yang siap dipanen roboh dan membuat semua ikannya hanyut ke sungai. Lantas, dia menjual ikan-ikan yang tersisa kepada pengepul meskipun tidak seberapa. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Alih-alih usahanya berkembang, ujian demi ujian justru terus muncul menguji kesabaran Elvy dan suaminya. Ikan yang mati terserang penyakit, harga jual yang jatuh, ditipu pembeli.

Kerasnya cobaan hidup yang ia rasakan tidak lantas membuatnya putus asa. Bersama suaminya, Elvy terus berusaha menutup semua utang yang dibebankan.

Hingga suatu malam Elvy dan sang suami menjalankan sholat tahajud dan bertobat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Selain itu, dia juga mengamalkan sholawat sebanyak 10.000 kali dan membaca Surat Yasin setiap malam yang dipanjatkan kepada Allah Ta'ala. Amalan tersebutlah yang dikerjakan oleh Elvy setiap hari.

Bahkan, dia juga selalu bersholawat di atas kolam ikannya. Elvy dan sang suami tidak pernah lupa bersedekah setiap hari meskipun jumlahnya sedikit.

Maha Baik Allah dengan segala kasih-Nya. Doa Elvy diijabah oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan datangnya orang-orang baik dalam kehidupannya yang sangat membantu keberlangsungan usaha budidaya ikan gurame miliknya.

Meskipun sulit, Elvy bersyukur dengan cobaan yang diberikan Allah Azza wa Jalla kepadanya.

"Alhamdulillah-nya, Gusti Allah di usia saya yang muda ini diberikan pelajaran seperti itu. Andaikan saya enggak dikasih cobaan seperti ini, saya mungkin akan jadi pengusaha yang sombong," ujar Elvy dalam tayangan di kanal YouTube Pecah Telur.

Elvy juga memberikan kiat sukses mulai dari pemberian pakan, pengelolaan air kolam, perawatan dan pembesaran ikan, pola panen, hingga saluran pemasaran terkait budidaya ikan yang digelutinya kini.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini