Share

Mengenal Ular Falak dalam Islam serta Seberapa Besar Kekuatannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2022 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 614 2718376 mengenal-ular-falak-dalam-islam-serta-seberapa-besar-kekuatannya-JrP8uxiYFt.jpg Ilustrasi mengenal ular falak dalam Islam serta sebera besar kekuatannya. (Foto: Freepik)

MENGENAL ular falak dalam Islam serta seberapa besar kekuatannya. Ular Falak merupakan jenis makhluk mitologi Arab. Bahkan keberadaannya disebutkan dalam "Kisah Seribu Satu Malam". Ular ini konon punya kekuatan yang sangat besar dan hanya takut kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Dilansir laman Mythlok, konon ular falak mempunyai ukuran yang sangat besar. Bahkan saking besarnya, manusia sendiri tidak akan sanggup membayangkannya.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Kamis 1 Desember 2022M/7 Jumadil Awal 1444H 

 

Konon makhluk ini dikabarkan tengah mendiami dunia bawah tanah. Nantinya akan keluar saat kehidupan di atas dunia akan berakhir.

Selain itu diceritakan pula makhluk ini memiliki nafsu makan yang sangat besar. Ular falak dapat memakan apa pun yang ada di sekelilingnya. Kemudian hanya karena rasa takut terhadap kekuatan Allah Azza wa Jalla yang bisa mencegahnya menelan semua ciptaan-Nya.

BACA JUGA:Selalu Ingat Allah, Pria Gangguan Jiwa Ini Sholat di Tengah Jalan 

Selain itu, ular falak memiliki nama lain dan disebut-sebut mirip dengan Norse Jormungandr yang menggambarkan proto-Arya yang umum terhadap sejarah makhluk tersebut. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Lantas, apakah ular falak ini tertulis di dalam Alquran? Kisah ular besar kerap dikaitkan dengan perjalanan hidup Nabi Musa Alaihissallam. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

فَاَلْقٰى عَصَاهُ فَاِذَا هِيَ ثُعْبَانٌ مُّبِيْنٌ

Artinya: "Maka dia (Musa) melemparkan tongkatnya, tiba-tiba ia (tongkat itu) menjadi ular besar yang nyata." (QS Al A'raf: 107)

Kemudian dalam ayat lainnya, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَأَلْقِ عَصَاكَ ۚ فَلَمَّا رَآهَا تَهْتَزُّ كَأَنَّهَا جَانٌّ وَلَّىٰ مُدْبِرًا وَلَمْ يُعَقِّبْ ۚ يَا مُوسَىٰ لَا تَخَفْ إِنِّي لَا يَخَافُ لَدَيَّ الْمُرْسَلُونَ

Artinya: "Dan lemparkanlah tongkatmu. Maka tatkala (tongkat itu menjadi ular dan) Musa melihatnya bergerak-gerak seperti dia seekor ular yang gesit, larilah ia berbalik ke belakang tanpa menoleh. 'Hai Musa, janganlah kamu takut. Sesungguhnya orang yang dijadikan rasul tidak takut di hadapan-Ku'." (QS An-Naml: 10)

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini