Share

Segera Dicegah! Ini 10 Penyebab Setan Masuk ke Diri Manusia

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2022 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 330 2719892 segera-dicegah-ini-10-penyebab-setan-masuk-ke-diri-manusia-gU0CQRaEtZ.jpg Ilustrasi penyebab setan masuk ke diri manusia. (Foto: Istimewa/Psypost)

ADA 10 penyebab setan masuk ke diri manusia yang mungkin belum banyak diketahui banyak orang. Banyak cara yang dilakukan setan untuk mengajak manusia ke neraka.

Setan dalam Islam merupakan salah satu makhluk yang diciptakan Allah Subhanahu wa Ta'ala dari api yang menyala-nyala. Setan adalah sebagai golongan yang menjadi penghuni neraka.

Lantas, apa saja penyebab setan masuk ke diri manusia? Simak ulasannya berikut ini, sebagaimana telah Okezone himpun.

BACA JUGA:4 Makanan dan Minuman yang Disukai Setan, Hati-Hati Jangan Dikonsumsi! 

BACA JUGA:Bacaan Doa Ayat Kursi Latin Lengkap Keutamaannya Menangkal Gangguan Setan 

1. Hasad

Jika seseorang terlalu hasad kepada dunia akan membutakannya, membuat tuli, dan menjauhkannya dari cahaya kebenaran. Seseorang yang memiliki sifat hasad, setan akan menghias-hiasi sesuatu seolah-olah seperti baik sehingga disukainya, padahal itu adalah sesuatu yang mungkar.

2. Marah

Marah dapat merusak akal. Jika akal lemah saat itu, setan akan melakukan serangan dan menertawakan manusia. Dalam kondisi seperti ini mintalah perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

3. Sangat suka menghias harta benda

Orang seperti ini akan merugi karena usianya dihabiskan untuk tujuan menghias harta benda seperti tempat tinggal, pakaian, dan perabot saja. Hal yang terpenting sebenarnya adalah mempertebal iman kepada Allah Azza wa Jalla. Jangan mendahulukan urusan dunia dibanding akhirat.

4. Terlalu kenyang

Terlalu kenyang karena menyantap terlalu banyak makanan. Keadaan seperti ini bakal menguatkan syahwat dan lupa untuk melakukan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

5. Tamak

Tamak kepada orang lain. Jika orang memiliki sifat seperti ini maka bakal berlebih-lebihan memuji orang tersebut. Padahal, orang itu tidak memiliki sepenuhnya sifat yang ada pada pujiannya. Akhirnya dia akan mencari muka di hadapannya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

6. Tergesa-gesa

Sifat tergesa-gesa dan tidak mau sabar dalam melakukan suatu perbuatan atau pekerjaan. Sifat terburu-buru itu berasal dari setan. Lakukanlah segala sesuatunya dengan tenang, teliti, dan niatkan karena Allah Subhanahu wa Ta'ala.

7. Cinta harta

Cinta harta akan membuat manusia mencari harta dengan segala macam cara. Sifat ini bakal membuat orang bakhil atau kikir, takut miskin, serta tidak melakukan kewajiban yang berkaitan dengan harta yang dimiliki, seperti memberikan sedekah atau zakat.

8. Fanatik

Setan mengajak orang awam agar fanatik terhadap golongan tertentu. Tidak mau beramal ibadah selain dari yang diajarkan dalam aliran atau golongannya.

9. Memikirkan Dzat Allah Ta'ala

Setan mengajak orang awam memikirkan dzat Allah Subhanahu wa Ta'ala yang sulit digapai oleh akal manusia yang sangat terbatas ini sehingga membuat manusia tersebut menjadi ragu dalam masalah yang paling penting dalam agama ini yaitu masalah akidah.

10. Berburuk sangka

Jika seorang Muslim selalu berburuk sangka atau suudzon terhadap Muslim lainnya pasti dia akan selalu merendahkannya dan merasa lebih baik dirinya.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini