Share

6 Mukjizat Nabi Ilyasa, Dapat Memurnikan Air hingga Menghidupkan Orang Meninggal

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2022 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 614 2719867 6-mukjizat-nabi-ilyasa-dapat-memurnikan-air-hingga-menghidupkan-orang-meninggal-b09frfP9Vq.jpg Ilustrasi kisah mukjizat Nabi Ilyasa Alaihissallam. (Foto: Freepik)

NABI Ilyasa Alaihissallam merupakan salah satu nabi yang namanya tertulis di dalam Al1uran. Ia adalah keturunan keempat Nabi Harun Alaihissallam dengan nama lengkap Ilyas bin Finhash bin Azar bin Harun bin Imran bin Qahits bin Aziz bin Laway bin Ya'kub bin Ishaq bin Ibrahim.

Nabi Ilyasa Alaihissallam sendiri dutus oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk mengingatkan kaum Bani Israil. Mereka merupakan kaum pembangkang dan penyembah berhala serta mengingkari dan menganggap Allah Ta'ala bukanlah Tuhan.

Namun di balik itu semua, Nabi Ilyas Alaihissallam memiliki mukjizat yang luar biasa dari Allah Azza wa Jalla. Kelebihan dan anugerah yang dimiliki Nabi Ilyasa sebagai perantara Allah Ta'ala guna menolong dan menyelamatkan umat manusia.

Sebagaimana telah Okezone himpun, berikut ini deretan mukjizat Nabi Ilyasa Alaihissallam yang dianugerahkan langsung oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

BACA JUGA:Kisah Mukjizat Nabi Ibrahim, Tahan Dibakar Api hingga Bisa Membangun Kakbah  

Info grafis sholawat Nabi. (Foto: Okezone)

1. Dapat memurnikan sumber air

Dapat memurnikan sumber air menjadi salah satu mukjizat Nabi Ilyasa Alaihissallam. Saat itu penduduk Yerikho mengeluh kepada sang Nabi bahwa sumber air yang mereka miliki tidak jernih dan terlihat kotor. Sementara warga sangat membutuhkan air tersebut sebagai sumber kehidupannya.

Bahkan, air berkualitas buruk itu menyebabkan perempuan hamil menjadi keguguran. Kemudian Nabi Ilyasa Alaihissallam lantas memurnikan sumber air tersebut dengan melemparkan garam.

2. Mendoakan perempuan menjadi hamil

Suatu hari Nabi Ilyasa Alaihissallam pergi ke Kota Sunem. Kemudian salah seorang perempuan kaya di sana menjamu Nabi Ilyasa di kediamannya. Beliau pun mengunjungi perempuan tersebut.

Untuk menghormati utusan Allah Subhanahu wa Ta'ala, sang perempuan beserta suaminya menyediakan kamar khusus untuk menginap Nabi Ilyasa Alaihissallam apabila sedang berkunjung ke sana.

Saat itu pasangan suami istri tersebut belum memiliki keturunan. Mengetahui hal tersebut, lalu Nabi Ilyasa Alaihissallam mendoakan mereka.

Lantas benar saja, tahun berikutnya atas izin Allah Subhanahu wa Ta'ala, pasangan yang menantikan momongan itu memiliki seorang bayi.

BACA JUGA:Kisah Mukjizat Nabi Muhammad Membuat Unta Tua Milik Jabir Jadi Berlari Cepat 

3. Menghidupkan kembali orang meninggal

Mukjizat selanjutnya adalah menghidupkan kembali orang yang sudah meningga dunia. Saat itu bayi di Kota Sunem yang sebelumnya kedua orangtuanya didoakan Nabi Ilyasa hamil, jatuh sakit.

Akibat sakit yang sangat parah, bayi itu lalu meninggal dunia dan membuat sedih orangtuanya. Mendengar kabar tersebut, Nabi Ilyasa Alaihissallam datang kemudian meminta izin kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar menghidupkan kembali bayi tersebut. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

4. Menyembuhkan penyakit kusta

Kusta salah satu penyakit yang ditakuti pada zaman Nabi. Bahkan saat masa Nabi Ilyasa Alaihissallam pun, penyakit ini sudah ada. Kala itu menyerang Naaman, yakni seorang panglima dari Kerajaan Aram di Syria.

Sang panglima pun meminta Nabi Ilyasa Alaihissallam untuk membantu menyembuhkan penyakit kusta yang dideritanya. Lalu Nabi Ilyasa memintanya mandi di Sungai Yordan sebanyak tujuh kali. Tidak lama kemudian kusta yang dideritanya sembuh, dan ia pun menjadi pengikut sang Nabi.

5. Memberkati makanan hingga menjadi melimpah

Mukjizat lainnya yang dimiliki Nabi Ilyasa Alaihissallam adalah memberkati makanan, sehingga menjadi melimpah. Makanan berlimpah itu untuk menolong dan dibagikan kepada orang-orang yang sedang kesulitan.

Dalam sebuah kisah diceritakan seorang janda tengah terlilit utang dan anak-anaknya akan dijadikan budak apabila tidak melunasinya. Saat itu janda tersebut hanya memiliki minyak zaitun dalam botol kecil.

Kemudian Nabi Ilyasa Alaihissallam memerintahkan janda itu untuk pergi meminjam botol-botol kosong, yakni untuk diisi minyak zaitun dari botol kecil milik sang janda.

Ajaibnya, terlihat ketika minyak zaitun dari botol kecil itu rupanya bisa mengisi botol-botol lain hingga penuh. Sang janda lantas menjual minyak zaitun tersebut sehingga mampu membayar utangnya.

6. Mengetahui peristiwa yang akan datang

Mukjizat Nabi llyasa Alaihissallam yang lain adalah dapat mengetahui sebagian kejadian yang akan datang, atau beberapa rahasia semesta selama ini tidak terungkap.

Saat itu ketika Kerajaan Samaria berperang melawan Kerajaan Aram, Nabi Ilyasa memberitahukan berbagai strategi pihak Aram kepada Yoram, Raja Samaria saat itu.

Kemudian pihak Aram mengutus sekelompok prajurit untuk menangkap Nabi llyasa Alaihissallam. Akan tetapi mereka semua menjadi buta. Nabi Ilyasa lantas menuntun mereka ke ibu kota Samaria.

Mulanya Yoram hendak membunuh mereka, tetapi akhirnya dia menjamu dan kemudian memulangkan mereka karena nasihat Nabi Ilyasa Alaihissallam.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini