Share

3 Reaksi Tidak Terduga Suporter Non-Muslim di Piala Dunia 2022 Qatar saat Dengar Adzan dan Alquran

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2022 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 614 2721985 3-reaksi-tidak-terduga-suporter-non-muslim-di-piala-dunia-2022-qatar-saat-dengar-adzan-dan-alquran-2KIahE51bc.png Viral reaksi tidak terduga para suporter non-Muslim di Piala Dunia 2022 Qatar saat mendengar adzan dan ayat Alquran. (Foto: YouTube Lingkar Aswaja)

SEMARAK Piala Dunia 2022 Qatar tengah dirasakan oleh semua orang. Satu hal yang menjadikan turnamen bola internasional tersebut terasa semakin spesial dan berbeda adalah untuk pertama kalinya digelar di jazirah Arab yang mayoritas berpenduduk Muslim.

Ya, sebagian besar masyarakat Qatar menganut agama Islam. Jadi wajar saja ketika berada di sana, suara lantunan ayat-ayat suci Alquran dan adzan sering terdengar.

Suara adzan seakan menjadi magnet bagi para turis beragama non-Muslim. Saking tertariknya, mereka rela berkunjung ke dalam masjid dan menyaksikan sendiri keindahan adzan.

BACA JUGA:Viral Suporter, Pemain, Panitia Sholat Jumat di Stadion Piala Dunia 2022 Qatar 

Viral reaksi tidak terduga para suporter non-Muslim di Piala Dunia 2022 Qatar saat mendengar adzan dan ayat Alquran. (Foto: YouTube Lingkar Aswaja)

BACA JUGA:Viral Suporter Asing Piala Dunia 2022 Qatar Kagum Suara Adzan Sampai Ingin Belajar Islam 

1. Mengabadikan Potret Imam saat Sedang Adzan

Ada sebuah potongan video singkat yang diunggah dalam kanal YouTube Lingkar Aswaja. Tampak seorang imam masjid di Qatar tengah mengumandangkan adzan di depan mimbar.

Suaranya begitu merdu dalam mengucapkan setiap kalimat adzan. Di belakang sang imam terlihat banyak sekumpulan orang-orang Barat yang berdiri menatap imam masjid itu.

Ekspresi wajah mereka sangat khusyuk mendengarkan adzan. Banyak di antara para turis yang mengangkat kamera handphone dan mengabadikan momen ketika si Iman melantunkan adzan. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

2. Antusias Mendengarkan Penjelasan tentang Adzan

Salah seorang aktivis dakwah di Qatar bernama Hayyan Yafei merekam video pertemuannya dengan sepasang suami istri non-Muslim. Pria bule yang diajak berbincang oleh Hayyan diketahui bernama Rex.

Semula Rex kebingungan dengan suara yang didengar di salah satu sudut kota. Hayyan lantas menjelaskan bahwa suara itu merupakan adzan atau panggilan shalat kaum Muslimin. 

Viral reaksi tidak terduga para suporter non-Muslim di Piala Dunia 2022 Qatar saat mendengar adzan dan ayat Alquran. (Foto: YouTube Lingkar Aswaja)

"Ini adalah adzan, panggilan untuk sholat. Kami menyebutnya adzan, Allahuakbar, artinya 'Allah Maha Besar, Pencipta Dunia Yang Maha Besar'," kata Hayyan.

Selama mendengar penjelasan Hayyan, reaksi Rex dan sang istri tersenyum lebar. Sesekali Rex juga coba mengikuti lafal Allahuakbar yang dicontohkan Hayyan.

Tidak sampai di situ, mereka pun begitu antusias ketika Hayyan mengajaknya masuk ke masjid serta mengajarkan Rex berwudhu. Istri Rex juga dengan senang hati mengeluarkan sehelai kain demi menutup aurat rambutnya sebelum masuk ke dalam masjid. 

3. Merasa Damai Setelah Mendengar Ayat Alquran

Dalam cuplikan video lainnya, seorang wanita mengajak beberapa turis asing beragama non-Islam. Dia mengajak mereka untuk mendengarkan Surat Al Hujurat Ayat 13.

Setelah diperdengarkan ayat Alquran tersebut, para turis asing diminta memberikan reaksi mereka melalui komentar. Rata-rata dari mereka mengaku merasakan damai hingga ketenangan. 

Viral reaksi tidak terduga para suporter non-Muslim di Piala Dunia 2022 Qatar saat mendengar adzan dan ayat Alquran. (Foto: YouTube Lingkar Aswaja)

"Damai, lumayan tenang," kata salah satu turis berambut panjang.

Allah Subhanahu wa Ta'ala menciptakan Alquran dan seruan adzan dengan sangat sempurna. Tidak heran, kesempurnaannya dari segi bacaan hingga arti dapat dirasakan betul oleh siapa saja, termasuk kaum non-Muslim.

Wallahu a'lam bisshawab

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini