Share

5 Peristiwa Gempa di Zaman Para Nabi, Ada yang Sampai Melenyapkan Kaum Sodom

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Kamis 08 Desember 2022 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 614 2722897 5-peristiwa-gempa-di-zaman-para-nabi-ada-yang-sampai-melenyapkan-kaum-sodom-t0zZWmVQHl.jpeg Ilustrasi peristiwa gempa di zaman para nabi. (Foto: Shutterstock)

PERISTIWA gempa sudah dirasakan sejak zaman para nabi. Allah Subhanahu wa Ta'ala memiliki alasan tertentu mengapa sampai mengguncangkan bumi hingga menelan korban di zaman nabi.

Sejumlah bencana alam gempa di zaman para nabi pun tercantum dalam ayat-ayat Alquran. Berikut ini peristiwa-peristiwa gempa yang dialami nabi-nabi, sebagaimana telah Okezone himpun.

BACA JUGA:Gempa Besar Dua Kali Guncang Sukabumi dalam 2 Detik, M5,8 dan M6,1 

1. Gempa di zaman Nabi Luth

Gempa bumi yang begitu dahsyat terjadi pada masa Nabi Luth Alaihissallam. Gempa sangat besar ini pun melenyapkan kaum Sodom. Bagaimana tidak, gempa saat itu sampai mengakibatkan semburan gas metana dan letusan lava.

Hingga akhirnya mereka semua ditelan bumi dan negeri Sodom menjadi Laut Mati. Peristiwa ini bukanlah bencana biasa, melainkan azab bagi rakyat Sodom yang penyuka sesama jenis.

Azab untuk kaum Nabi Luth Alaihissallam ini dijelaskan dalam Surat Al Ankabut Ayat 34:

اِنَّا مُنْزِلُوْنَ عَلٰٓى اَهْلِ هٰذِهِ الْقَرْيَةِ رِجْزًا مِّنَ السَّمَاۤءِ بِمَا كَانُوْا يَفْسُقُوْنَ

"Sesungguhnya Kami akan menurunkan suatu azab (rijz) dari langit kepada penduduk negeri ini karena mereka selalu berbuat fasik." 

 

2. Gempa pada masa Nabi Sholeh

Dalam Alquran banyak diceritakan tentang peristiwa gempa. Adapun yang pertama muncul adalah kisah gempa di masa Nabi Sholeh Alaihissallam.

Kaum Nabi Sholeh Alaihissallam yakni Tsamud larut dalam kesombongan lantaran permukiman mereka begitu subur. Sampai suatu ketika Allah Subhanahu wa Ta'ala mulai menurunkan azab yang sangat pedih. Mulai angin kencang, guntur, sampai gempa bumi terjadi selama delapan hari.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Kamis 8 Desember 2022M/14 Jumadil Awal 1444H 

3. Gempa di zaman Nabi Musa

Kaum Nabi Musa Alaihissallam yakni Bani Israil melihat tanda kebesaran Allah Azza wa Jalla sebagai bentuk dari peringatan. Mulanya Nabi Musa memohon ampunan serta meminta 70 orang pilihannya menghadap Allah Ta'ala usai mereka semua berbuat salah.

Mereka rupanya tidak ingin beriman sebelum melihat sendiri tanda kekuasaan Sang Pencipta. Bersama Nabi Musa Alaihissallam, 70 orang dari kaumnya naik ke Bukit Tursina.

Di sanalah Allah Subhanahu wa Ta'ala menurunkan gempa yang begitu kuat hingga mereka semua pingsan. Kisah tentang gempa di masa Nabi Musa Alaihissallam ini tertuang dalam Surat Al A'raf Ayat 155:

وَاخْتَارَ مُوْسٰى قَوْمَهٗ سَبْعِيْنَ رَجُلًا لِّمِيْقَاتِنَا ۚفَلَمَّآ اَخَذَتْهُمُ الرَّجْفَةُ قَالَ رَبِّ لَوْ شِئْتَ اَهْلَكْتَهُمْ مِّنْ قَبْلُ وَاِيَّايَۗ اَتُهْلِكُنَا بِمَا فَعَلَ السُّفَهَاۤءُ مِنَّاۚ اِنْ هِيَ اِلَّا فِتْنَتُكَۗ تُضِلُّ بِهَا مَنْ تَشَاۤءُ وَتَهْدِيْ مَنْ تَشَاۤءُۗ اَنْتَ وَلِيُّنَا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الْغٰفِرِيْنَ

"Dan Musa memilih 70 orang dari kaumnya untuk (memohon taubat kepada Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan. Ketika mereka ditimpa gempa bumi, Musa berkata:

'Ya Tuhanku, jika Engkau kehendaki, tentulah Engkau binasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang berakal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari-Mu, Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki. Engkaulah pemimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat. Engkaulah pemberi ampun yang terbaik'." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

4. Gempa di masa Nabi Syuaib 

Kaum Madyan di zaman Nabi Syuaib Alaihissallam juga runtuh setelah menerima azab dari Allah berupa gempa bumi dan guntur. Selain gemar menentang dakwah Nabi Syuaib, mereka juga kerap melakukan hal-hal merugikan.

Misalnya saja berbuat curang ketika berdagang serta merampok kafilah pedagang. Kisah gempa bagi penduduk Madyan ini bisa dilihat dari Surat Al Ankabut Ayat 36–37:

وَاِلٰى مَدۡيَنَ اَخَاهُمۡ شُعَيۡبًا ۙ فَقَالَ يٰقَوۡمِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ وَ ارۡجُوا الۡيَوۡمَ الۡاٰخِرَ وَلَا تَعۡثَوۡا فِى الۡاَرۡضِ مُفۡسِدِيۡنَ

"Dan kepada penduduk Madyan, (Kami telah mengutus) saudara mereka Syuaib, dia berkata, 'Wahai kaumku, sembahlah Allah, harapkanlah (pahala) hari akhir, dan jangan kamu berkeliaran di bumi berbuat kerusakan'." (36)

فَكَذَّبُوۡهُ فَاَخَذَتۡهُمُ الرَّجۡفَةُ فَاَصۡبَحُوۡا فِىۡ دَارِهِمۡ جٰثِمِيۡنَ

"Mereka mendustakannya (Syuaib), maka mereka ditimpa gempa yang dahsyat, lalu jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka." (37)

5. Gempa pada zaman Nabi Muhammad 

Ada dua peristiwa gempa yang terjadi pada masa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersama para sahabat. Pertama, gempa terjadi ketika Rasulullah berada di Gunung Tsabir. Seperti diriwayatkan Imam Tirmidzi, Ibnu Khuzaiman, Ad-Daruquthni, dari Utsman bin Affan menyebutkan:

"Apakah kalian tahu Rasulullah pernah berada di atas Gunung Tsabir di Makkah. Bersama beliau Abu Bakar, Umar, dan saya. Tiba-tiba gunung berguncang hingga bebatuannya berjatuhan. Maka Rasulullah mengentakkan kakinya dan berkata: 'Tenanglah Tsabir, yang ada di atasmu tidak lain kecuali Nabi, Shiddiq, dan dua orang Syahid'."

Kedua, gempa dialami Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam ketika beliau sedang naik ke Gunung Uhud. Dari hadits Imam Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik mengatakan:

"Nabi naik ke Uhud bersamanya Abu Bakar, Umar, dan Utsman. Tiba-tiba gunung berguncang. Maka Nabi mengentakkan kakinya dan berkata: 'Tenanglah Uhud, yang ada di atasmu tiada lain kecuali Nabi, Shiddiq, dan dua orang syahid'."

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini