Share

Berapa Jumlah Sahabat Nabi Muhammad? Simak Jawabannya di Sini

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Jum'at 30 Desember 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 30 614 2737147 berapa-jumlah-sahabat-nabi-muhammad-simak-jawabannya-di-sini-9945fb1E7K.jpg Ilustrasi jumlah sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Istimewa/Baztab)

SAHABAT Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam merupakan orang-orang yang pernah berjumpa dengan Nabi dalam keadaan beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala serta wafat dalam keadaan Islam.

Para sahabat ini adalah generasi awal yang ikut membantu Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memperjuangkan Islam. Selain itu, kedudukan para sahabat ini cukup dekat di sisi Nabi.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi, Belum Pernah Sholat Tapi Masuk Surga 

Lantas, berapa jumlah sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam?

Sebagaimana telah Okezone himpun, para ulama tidak bisa memastikan berapa jumlah sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Sebab mereka terpencar ke berbagai negeri, daerah, bahkan penjuru bumi.

Pada saat zaman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sendiri tidak ada yang mengumpulkan daftar nama-nama orang yang masuk Islam, siapa yang lahir di keluarga Muslim, dan seterusnya. 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Sebagaimana telah ditegaskan oleh Ka'ab bin Malik radhiyallahu’anhu, seperti dinyatakan dalam hadits panjang tentang kisah beliau yang tidak ikut Perang Tabuk, Ka'ab mengatakan kaum Muslimin yang ikut bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat banyak. Tidak ada kitab yang mampu menuliskan semua nama sahabat Nabi, demikian pula tidak ada orang yang mampu menghafalnya. (HR Bukhari nomor 4418 dan 2769)

Sebagian ulama mengatakan angka tertentu ketika menyebut jumlah sahabat. Namun, pendapat semacam ini adalah hasil ijtihad para ulama.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi Selamat dari Racun Wanita Musyrik Berkat Bacaan Alquran 

Al-Hafidz Abu Zur'ah Ar-Razi menegaskan bahwa jumlah sahabat ada 114.000 orang yang disebutkan oleh kitab Al-Khatib Al-Baghdadi dalam kitab Al-Jam'i 2:293.

As-Safarini dalam Hizbul Albab mengatakan, "Abu Zur'ah Ar-Razi menyebutkan bahwa jumlah sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam lebih dari 100.000 dan diriwayatkan bahwa jumlah mereka 114.000 yang menegaskan angka ini adalah As-Suyuthi Rahimahullah dalam Al-Khashaish Al Kubra." (Ghiza Al Albab, 1:37) 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Adapun pendapat lain tentang jumlah sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menurut Al Hakim An-Naisaburi dalam karyanya Al-Mustadrak, tingkatan sahabat terbagi dalam 12 tingkatan yaitu:

1. Para Khulafaur Rasyidin dan selebihnya dari sepuluh yang dijanjikan surga ketika masih hidup

2. Para sahabat yang masuk Islam di Makkah sebelum Umar dan mengikuti majelis Daarul Arqam

3. Para sahabat yang ikut serta berhijrah ke negeri Habasyah

4. Para sahabat kaum Anshar yang ikut serta dalam Bai'at Aqabah Pertama

5. Para sahabat kaum Anshar yang ikut serta dalam Bai'at Aqabah Kedua

6. Para sahabat kaum Muhajirin yang berhijrah sebelum sampainya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam di Madinah dari Quba

7. Para sahabat yang ikut serta dalam Perang Badar

8. Para sahabat yang berhijrah antara Perang Badar dan Perjanjian Hudaibiyyah

9. Para sahabat yang ikut serta dalam Bai'at Ridhwan pada saat ekspedisi Hudaibiyyah

10. Para sahabat yang masuk Islam dan berhijrah ke Madinah setelah Perjanjian Hudaibiyyah

11. Para sahabat yang masuk Islam setelah Fathu Makkah.

12. Para sahabat anak-anak yang melihat Nabi Muhammad di waktu atau tempat apa pun setelah Fathu Makkah.

Sedangkan dalam buku biografi karangan ulama yang membahas mereka seperti, kitab Thabaqat Al-Kabir karya Ibnu Sa'ad, kitab Isti'ab karya Ibnu Abdil Baar dan Mu'jam As-Shahabah karya Ibnu Qani' maka terdapat sekira 2.700 sahabat laki-laki dan 380-an sahabat perempuan.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini