Share

Mengenal Pengajian Wal'ashri dari KH Ahmad Dahlan, Ternyata Lebih Lama Ketimbang Mengaji Al Ma'un

Hantoro, Jurnalis · Senin 30 Januari 2023 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 30 330 2755499 mengenal-pengajian-wal-ashri-dari-kh-ahmad-dahlan-ternyata-lebih-lama-ketimbang-mengaji-surat-al-ma-un-5HjJ2o6n4h.jpg KH Ahmad Dahlan membuat Pengajian Wal'ashri yang usianya sudah sangat lama. (Foto: Istimewa/Muhammadiyah.or.id)

KH Ahmad Dahlan merupakan sosok ulama panutan. Pendiri Muhammadiyah ini banyak ilmu yang menjadi rujukan umat, seperti Mengaji Surat Al Ma'un. Tapi ternyata ada juga Pengajian Wal'ashri yang mengajarkan banyak ilmu kebaikan.

Dokter Spesialis Saraf sekaligus Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dr Agus Taufiqurrahman mengungkapkan Pengajian Wal'ashri dari KH Ahmad Dahlan jarang terungkap atau diketahui. Bahkan pengajian ini lebih lama ketimbang Mengaji Al Ma'un.

BACA JUGA:Mengetahui Guru-Guru KH Ahmad Dahlan: Sang Ayah hingga Kiai Soleh Darat 

KH Ahmad Dahlan. (Foto: Muhammadiyah.or.id)

Secara ringkas, jelas dr Agus, metode Pengajian Wal'ashri yang digunakan Kiai Dahlan sama dengan metode yang diterapkan ketika mengajarkan Surat Al Ma'un.

Terkait lama waktu, jika Al Ma'un diajarkan oleh Kiai Dahlan selama tiga bulan, maka Wal’ashri atau Al ‘Ashr ini selama delapan bulan.

BACA JUGA:Kisah KH Ahmad Dahlan Mendirikan Madrasah Modern Pertama di Nusantara 

"Sehingga ada sejarah yang mencatat bahwa Kiai Dahlan itu sering disebut sebagai Kiai Wal'ashri. Bisa dibayangkan ngajinya keliling ke mana-mana, ngajinya Wal’ashri," ungkapnya, sebagaimana dilansir Muhammadiyah.or.id.

Tentang keutamaan Al Ashr, dr Agus mengutip pendapat Imam Syafi’i yang menyebutkan bahwa apabila Allah Subhanahu wa Ta'ala tidak menurunkan surat lain di dalam Alquran, maka cukup Al Ashr ini saja sebagai pedoman hidup Muslim. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Surat Al Ashr yang hanya berisi tiga ayat ini oleh Kiai Dahlan diajarkan selama delapan bulan. Dalam mengajarkan surat tersebut, KH Ahmad Dahlan selalu menekankan kepada para santri agar memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

"Ditekankan lagi agar anak didiknya itu menggunakan waktu untuk memperbanyak amal salih. Agar anak didiknya itu mengerjakan amal salih tidak hancur karena pamer dan riya. Agar anak didiknya itu bersabar dalam menjalani peran-peran kehidupannya itu," paparnya.

Berbeda dengan ketika mengajarkan Al Ma’un yang baru tiga bulan lalu diprotes santrinya, selama delapan bulan Kiai Dahlan mengajarkan Al Ashr belum ada santri yang memprotesnya.

Menurut dr Agus, perbedaan yang mencolok dari metode ajar KH Ahmad Dahlan dengan yang lain adalah egaliternya. Kemudian juga ayat-ayat Alquran yang diajarkan bukan hanya dihafal dan dipahami, tetapi juga menjadi semangat amal kebajikan.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini