Share

Cara Mengajarkan Anak Puasa Ramadhan, Ini Tipsnya dari Alya Rohali!

Raden Yusuf Nayamenggala, Jurnalis · Selasa 28 Maret 2023 19:08 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 28 616 2788878 cara-mengajarkan-anak-puasa-ramadhan-ini-tipsnya-dari-alya-rohali-LXmXMEYvle.jpg Alya Rohali membagikan cara mengajarkan anak berpuasa. (foto: Instagram/@arohali)

PUASA merupakan salah satu ibadah wajib yang dilaksanakan umat muslim seluruh dunia. Namun ada beberapa golongan yang tidak diwajibkan untuk berpuasa. Salah satunya anak kecil. 

Dewan Pakar Pusat Studi Alquran Faizah Ali Sibromalisi dalam buku Quran Answer 101 soal keagamaan sehari-hari mengatakan, anak yang belum memasuki usia akil baligh belum wajib menjalankan ibadah puasa.

 BACA JUGA:

Namun, ada baiknya para orangtua mulai mengajari putra-putrinya berpuasa sebagai bentuk latihan, agar ketika dewasa mereka sudah terbiasa melakukan ibadah puasa. Cara orang tua mendidik anak untuk menjalankan ibadah puasa tentunya berbeda-beda.

Anak puasa

Ada yang mengajarkan berpuasa secara bertahap dari mulai setengah hari hingga satu hari full, ada yang memberikan hadiah agar anak terpacu untuk rajin berpuasa, dan ada pula yang menegaskan bahwa puasa merupakan kewajiban umat muslim.

Seperti halnya yang dilakukan oleh aktris Alya Rohali. Mantan Puteri Indonesia ini mengaku punya cara tersendiri dalam mengajarkan anak berpuasa, yakni tidak memberikan hadiah untuk anak agar rajin berpuasa.

 BACA JUGA:

Karena, menurut Alya Rohali, ia menegaskan kepada anak, bahwa berpuasa itu merupakan sebuah kewajiban umat Islam dan yang melakukannya akan mendapat pahala.

 

"Dari kecil aku enggak pernah gitu-gitu (kasih hadiah). Ya rewardnya pahala aja udah. Jadi enggak pernah diiming-imingi seperti itu," ucap Alya Rohali saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Bagi Alya, memberikan penjelasan tentang berpuasa merupakan kewajiban seluruh umat Islam sangat penting. Karena, bagi umat Islam yang menunaikan ibadah puasa, akan mendapat pahala dari Allah.

Meski demikian, Alya Rohali menambahkan, sebagai orang tua kita membutuhkan kesabaran dalam mengajarkan anak berpuasa. Selain itu, penting bagi orang tua untuk tidak memaksakan anak menjalani puasa seperti orang dewasa.

Alya juga mengatakan, apabila sang anak hanya sanggup berpuasa setengah hari, maka orangtua harus memaklumi dan menghargai keputusan anak. Tapi, perlu ditegaskan kepada anak, bahwa dia harus berpuasa sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Tapi hal itu tidak lantas serta merta bisa dilakukan secara instan, karena menurut Alya semuanya butuh proses.

"Kalau mau belajar dari sebelumnya boleh, nah itu dari proses belajarnya aku nggak yang memaksakan gitu. Mau setengah hari mulai ya boleh, tapi terus ada waktu tertentu 'oke sekarang sudah full ya' gitu. Dan konsisten," ungkap Alya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini