nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Sumur Beracun Ji'ronah yang Menjadi Tawar Setelah Diludahi Nabi Muhammad

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 19:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 21 614 2058567 kisah-sumur-beracun-ji-ronah-yang-menjadi-tawar-setelah-diludahi-nabi-muhammad-w6bgvKL5GJ.jpg Kisah sumur beracun Ji'ronah yang menjadi tawar setelah diludahi Nabi Muhammad (Foto : Islam)

Nabi Muhammad adalah panutan umat Muslim yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Nabi Muhammad mempunyai kedudukan tertinggi, sebab Nabi Muhammad adalah nabi yang diberikan cobaan yang paling banyak dari Allah dan paling sabar dalam segala hal.

Karenanya, banyak mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad. Mukjizat sendiri adalah perkara di luar kebiasaan yang dilakukan oleh Allah melalui para nabi dan rasulnya untuk membuktikan kebenaran kenabian dan keabsahan risalahnya.

Salah satu buktinya adalah Sumur Ji’ronah. Kebesaran Allah SWT dibuktikan untuk semua umatnya dengan sejarah mukjizat ini. Dikutip dari beberapa sumber Islam, Selasa (21/5/2019) Sumur Ji’ronah menjadi bukti mukzijat Nabi Muhammad.

Berdasarkan sejarah, sumur Ji'ronah muncul ketika Rasul bersama para sahabatnya selesai menjalani Perang Hunain dan kehausan karena perbekalan air habis ketika berada di Ji’ronah. Atas izin Allah SWT, Nabi Muhammad memukul tongkatnya ke bumi dan keluarlah air dan dari situlah Sumur Ji’ronah muncul dan menjadi tempat Nabi Muhammad dengan umat muslim Minum.

alquran untuk islam

Dalam cerita selanjutnya, kaum musyrikin mengetahui perihal sumur tersebut dan mereka menebarkan racun ke dalam sumur tersebut untuk meracuni semua kaum Muslim. Atas petunjuk Allah, nabi Muhammad mengetahui hal tersebut dan langsung meludahi sumur tersebut. Seketika yang tadinya air sumur yang sudah beracun langsung berubah menjadi air yang tawar, Bahkan dipercaya bisa menyembuhkan penyakit.

Sayangnya, Sumur yang letaknya dipercaya berada di belakang Masjid Ji’ronah, Makkah ini sudah di tutup oleh pemerintah Arab Saudi untuk menghindari ke musyrikan.

Banyak orang yang mencari perihal keberadaan yang sebenarnya tetapi tidak ada satupun tanda-tanda bekas sumur yang pernah diludahi Nabi Muhammad dengan air yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Wallahu A'lam.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini