nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perempuan Ikut Salat Jumat, Apa Hukumnya?

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 19:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 14 614 2066618 perempuan-ikut-salat-jumat-apa-hukumnya-B9crffeg46.jpg Perempuan Salat Jumat (Foto : Religionews)

Di hari Jumat ada Salat yang tidak dikerjakan di hari lain oleh umat Islam, yaitu Salat Jumat. Salat Jumat dilaksanakan pada waktu Zuhur tiba.

Salat Jumat juga bisa dibilang aktivitas ibadah wajib yang dilaksanakan secara berjama'ah bagi lelaki Muslim yang menggantikan Salat Zuhur.

Salat Jumat merupakan kewajiban setiap umat muslim yang beriman. Hal ini tercantum dalam Alquran dan beberapa hadits:

"Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui." (Al Jumu'ah 62:9).

Ibadah Salat Jumat bagi umat Muslim biasanya identik dikerjakan oleh kaum pria. Hal ini memunculkan pertanyaan apakah kaum perempuan boleh mengerjakan Salat Jumat.

"Tidak ada dalil yang melarang perempuan untuk ikut menunaikan Salat Jumat. Menurut para ulama Salat Jumat untuk perempuan hukumnya sunnah. Di zaman Nabi Muhammad SAW para Shahabiyah juga ikut menunaikan ibadah Salat Jumat bersama Nabi Muhammad SAW," kata Ustadz Kiki Al Haddad kepada Okezone, Jumat (14/6/2019).

perempuan salat

Sementara itu, Imam Hasan al-Bashri ulama dan cendekiawan Muslim yang hidup pada masa awal kekhalifahan Umayyah juga mengatakan, di zaman Rasulullah, para sahahbiyah dari golongan Muhajirin ikut menunaikan Salat Jumat bersama Rasulullah SAW. Mereka mengikuti ritual Salat Jumat sebagaimana kaum lelaki dan tidak perlu lagi melakukan Salat Zuhur setelahnya.

Sahahbiyah adalah sebutan untuk perempuan sahabat nabi atau wanita-wanita terhebat dan agung pada zaman Rasulullah. Imam Al-Nawawi dalam Al-Majmu' Syahr Al- Muhadzdzab (4/495) juga mengatakan, kaum wanita yang difasilitasi menunaikan Salat Jumat dan ikut menunaikannya, maka Salat mereka pun dipandang sah sebagaimana Salat kaum lelaki. Mereka tidak perlu pula mengulang Salat Zhuhur. Pendapat ini dipakai seluruh mazhab dan mayoritas para ulama.

Perempuan melakukan ibadah Salat Jumat mungkin hal ini dirasa masih asing di Indonesia. Padahal sebenarnya di beberapa negara, khususnya negara Muslim beberapa masjid sudah menyediakan fasilitas ruangan khusus bagi wanita yang ingin menunaikan Salat Jumat.

Salah satu negara yang banyak penduduk Muslim perempuannya ikut menjalankan Salat Jumat adalah Amerika Serikat. Karena diperbolehkannya perempuan untuk mengikuti Salat Jumat, beberapa muslimah ikut melaksanakan Salat Jumat. Karena Bagi Muslimah di AS, Salat Jumat mempunyai makna tersendiri dan semaksimal mungkin untuk ikut jumatan.

Seperti halnya Ibu Siti Hafsah seorang Muslimah yang sudah 29 tahun tinggal di Amerika Serikat. Melansir dari voaindonesia, Ibu Siti Hafsah adalah Jamaah Masjid Muslim Community Center (MCC) di Silver Spring, Maryland. Setiap hari Jumat tiba, dia bersama para Jamaah perempuan lain dari berbagai negara akan melaksanakan ibadah Salat Jumat. Kebanyakan Jamaah di MCC adalah pendatang di Negeri Paman Sam ini, sehingga Salat Jumat menjadi sebuah kebutuhan dan untuk menjaga silaturahmi bagi Muslim AS.

“Di Indonesia memang benar banyak Masjid, tetapi tidak ada rasa keinginan datang ke Masjid, mungkin Sunnah kali ya. Di Amerika meskipun Sunnah merasa membutuhkan untuk Salat ke Masjid. Bisa fokus ke teman-teman di samping ibadah.” Tutur Siti Hafsah (Guru mengaji di kalangan Diaspora Muslim Indonesia).

Salat Jumat berjamaah di Masjid memberikan makna lain bagi Safia Khadir. “Saya menikmati datang ke Masjid Salat Jumat, karena dapat Salat berjamaah. Kalau di rumah hanya saya sendiri, jadi pahalanya lebih besar dari Allah SWT jika di masjid. Karena datang dan Salat berjamaah, secara spiritual, saya merasa lebih mendapat pahala dan saya merasa sejajar dengan pria, saya akan datang kalau memungkinkan.” Kata Siti Khadir Jamaah perempuan di MCC.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini