nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Pengalaman Spiritual Nenek Siti Aisyah saat Naik Haji

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 15:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 10 614 2090221 kisah-pengalaman-spiritual-nenek-siti-aisyah-saat-naik-haji-zcTeV4eRKq.jpg Kisah Siti Aisyah Rohana saat ibadah haji (Foto : kemenag.go.id)

Setiap jamaah haji pasti memiliki pengalaman unik sekaligus misteri. Seperti yang dialami oleh Siti Aisyah Rohana, warga Sumedang, Jawa Barat, yang tergabung dalam Kloter JKS-005.

Saat melaksanakan ibadah haji pada tahun lalu dalam usia 75 tahun, perempuan yang sering sakit-sakitan ini tiba-tiba merasakan keajabian saat tiba di Tanah Suci.

Dilansir dari website Kementrian Agama, Ibu 5 dari anak dan nenek dari 20 cucu serta 10 cicit ini mengaku merasa lebih sehat sejak tiba di Tanah Air padahal biasanya ia menderita sakit di persendian lutut.

Siti Aisyah

“Alhamdulillah di sini saya malah merasa sehat, tidak ada keluhan di lutut,” ucapnya riang saat di Hotel Luluat Al Hasyimiyah, Aziziyah Syimaliah, Makkah.

Bahkan ketika puncak haji di Arafah, yang kemudian dilanjut mabit di Mufdalifah dan Mina, Siti Aisyah justri mendapat tambahan energi. Ia kuat menempuh jarak 8km dengan jalan kaki. Jarak ini harus ia tempuh ketika pergi-pulang dari maktab untuk melempar jumrah di Jamarat.

Sementara kondisi Makkah pada tanggal 12-13 Dzulhijjah yang berada di puncak kepadatan, memaksa sebagian jemaah pulang dari Jamarat menuju hotel dengan jalan kaki.

“Sewaktu pulang dari Jamarat, saya jalan kaki 3 km alhamdulillah kuat,” sambungnya. Siti Aisyah yang berhaji tanpa didampingi keluarga ini mengaku mendapat teman-teman sekamar yang sangat pengertian dan suka menolong dirinya. “Kami seperti keluarga baru,” ungkapnya.

nenek sehat

Saat tiba di Masjidil Haram, doa yang kerap ia panjatkan adalah meminta kesehatan dan memohon maaf untuk semua kesalahan diri dan keluarganya. Doa tersebut ia sampaikan dengan bahasa Sunda.

“Alhamdulillah saya juga sempat salat di belakang maqam Ibrahim,” katanya.

Terkait oleh-oleh haji, Siti Aisyah mengaku anak dan cucunya melarang hal tersebut. “Mereka kasihan nanti saya repot, tapi saya tetap beli sajadah, tasbih dan mainan untuk cucu dan cicit,” pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Makkah

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini