Pengantin Sakit, Orangtua Gantikan di Pelaminan, Apakah Sah?

Syifa Hanifah Firdiani , Jurnalis · Sabtu 07 September 2019 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 07 614 2101910 pengantin-sakit-orangtua-gantikan-di-pelaminan-apakah-sah-zRPg6QRFMG.jpg Orangtua pengantin perempuan terpaksa menggantikan duduk di pelaminan (Foto: Twitter)

Pernikahan merupakan hal sakral yang telah dinantikan calon pengantin. Setiap pasangan yang ingin menikah pasti sudah merencanakan dan mempersiapkan segalanya dari jauh-jauh hari. Namun kadang terjadi musibah yang tak diinginkan seperti pengantin sakit.

 Orangtua mempelai perempuan menggantikan di pelaminan

Pasangan asal Malaysia yang sedang viral saat ini, Fatheen dan Amirudin terpaksa tak bisa duduk di pelaminan. Pengantin sakit tiba-tiba saat menjelang hari H.

Seharusnya mereka berdua melaksanakan resepsi pernikahan pada Minggu (1/9/2019). Sayangnya, di malam sebelum mereka melaksanakan resepsi justru pengantin pria, Amirudin masuk rumah sakit akibat sakit cukup parah.

Acara resepsi pernikahan itu tetap digelar, tetapi tidak dihadiri sang pasangan pengantin. Melainkan orangtua Fatheen yang menggantikannya. Lalu apakah pernikahan tetap sah?

"Tidak apa-apa jika resepsi digantikan oleh orangtua pengantin, karena sudah ijab kabul. Kalau resepsi itu kan sebuah tradisi atau budaya masing-masing daerah juga merayakannya dengan caranya sendiri, jadi pernikahan tetap sah karena sudah ijab kabul," ujar ustadz Asroni saat diawancarai Okezone, Sabtu (7/9/2019).

Menurut Ustadz Asroni, jika peristiwa tersebut terjadi dengan keluarga kita, kerabat kita atau orang terdekat dengan kita, kalau memang acara resepsi itu bisa diundur alangkah baiknya diundur karena resepsi itu adalah sebuah momentum yang bersejarah dalam kehidupan kita. "Namun jika tidak bisa diundur ya tidak apa-apa, itu tidak jatuh kepada perbuatan melanggar hukum."

Namun pihak yang pantas menggantikan itu dari keluarga mempelai laki-laki, karena yang berhalangan mempelai laki-laki. Tetapi kalau sudah ada kesepakatan, yang menggantikan keluarga mempelai perempuan juga tak ada masalah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Sebaiknya jika kita mau jadi pengantin harus menjaga kesehatan dan kebugaran agar tidak terjadi sesuatu yang tak diinginkan saat hari H," ujar Ustadz Asroni.

 Pengantin pria sakit

Seperti dilansir World of Buzz orangtua Fatheen nampak bahagia berjalan berdampingan layaknya pengantin baru menuju pelaminan. Mereka tampak serasi dengan mengenakan baju berwarna senada. Para tamu undangan pun ikut menyaksikan momen bahagia tersebut.

Di hari yang sama, kedua mempelai merayakan hari yang bahagia itu di rumah sakit sebab mempelai pria yang terbaring lemah di tempat tidur. Banyak kerabat mereka pun berdatangan ikut merayakan hari pernikahannya walau di rumah sakit.

Kisah ini pertama kali dibagikan oleh pengguna Twitter @_acabellas yang kemudian viral. Banyak netizen yang memberikan komentar,

"Cantiknya ibu dia," komentar akun twitter @uxorialiana

"Ibu dan Bapaknya terlihat masih muda, semoga dilancarkan segala urusannya dan diberikan kesehatan, aamiin," akun @_izizhar ikut memberikan komentarnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya