nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasihat Aa Gym untuk Raih Kebahagiaan

Yunita, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 04:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 16 330 2105578 nasihat-aa-gym-untuk-raih-kebahagiaan-xwy4m7c39y.jpg Setiap orang mendambakan kebahagiaan (Foto: About Islam)

Selama ini manusia sering kali berharap untuk dibahagiakan oleh orang lain. Padahal itu sering kali berujung kecewa. Ustadz Abdullah Gymnastiar yang akrab disapa Aa Gym memberikan nasihat soal kebahagiaan.

 Mencari kebahagiaan ala Aa Gym

Dilansir dari akun Instagram pribadinya @aagym, Senin (16/9/2019), Aa Gym mengajak kita untuk meraih bahagia dengan melakukan kebaikan.

"Jika hati kita baik, pikiran kita baik, akhlak kita pun baik. Kita akan bahagia dengan sendirinya, bahagia tidak dengan mengharapkan orang lain baik kepada kita," kata Aa Gym.

"Semakin kita berharap orang lain berbuat baik kepada kita, maka kita semakin tidak bahagia. Allah tahu apa yang kita lakukan, yang kita pikirkan. Allah tahu apa yang ada di hati kita dan pemilik kebahagiaan adalah Allah Subhanahu wata'ala," ujar Aa Gym.

"Kalau kita menjadi orang yang berusaha keras untuk memiliki hati yang baik tidak ada kesombongan, tidak ada riya, tidak ada dengki, tidak ujub, selalu berusaha shidiq dalam perkataan, perbuatan dan hati kita sama. Insya Allah semuanya akan diurus oleh Allah SWT menjadi lebih baik bagi kita," terang Aa Gym.

Oleh karena itu, Aa Gym mengajak kita semua untuk menjauhi segala prasangka buruk, pikiran buruk, perkataan buruk, tulisan buruk karena semua itu akan kembali pada kita.

"Tidak ada yang merusak diri kita, menyengsarakan kita kecuali keburukan kita sendiri. Semua perbuatan akan kembali kepada pembuatnya," tuturnya.

Allah SWT berfirman,

اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ ۗوَاِنْ اَسَأْتُمْ فَلَهَا

Artinya : Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. (QS. Al-Isra ayat 7)

Kebahagiaan adalah karunia dari Allah SWT. Dan yakinlah bahwa kebahagiaan hanya bisa diraih dengan melakukan segala kebaikan tanpa ingin dibalas apapun kecuali ridha Allah SWT.

Orang yang beriman dan beramal saleh, merekalah yang sebenarnya merasakan manisnya kehidupan dan kebahagiaan karena hatinya yang selalu tenang, berbeda dengan orang-orang yang lalai dari Allah SWT yang selalu merasa gelisah.

Allah Ta’ala berfirman,

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً

Artinya : "Barangsiapa yang mengerjakan amal sholeh, baik laki-laki maupun perempuan dalam beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik." (QS. An Nahl:97)

لْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya:

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az Zumar: 10).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini