nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 5 Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 16 September 2019 17:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 16 614 2105524 ini-5-manfaat-puasa-senin-kamis-untuk-kesehatan-3VmfQsYvEn.jpg Manfaat puasa Senin Kamis (Foto: Pixabay)

Melakukan ibadah puasa Senin Kamis bukan sekedar untuk mencari pahala saja. Anda bisa mendapatkan manfaatnya untuk menjaga kesehatan.

 Manfaat puasa

Jika dalam seminggu Anda rajin puasa Senin Kamis, dijamin dapat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda!

Seperti dilansir dari Cleverism, Senin (16/9/2019), berikut ini lima ulasan selengkapnya terkait manfaat menjalani puasa Senin Kamis:

1. Bantu Turunkan Berat Badan

Beberapa penelitian telah menemukan, puasa dianggap sebagai salah satu solusi jangka panjang untuk menurunkan berat badan. Sebab ketika Anda mulai berpuasa, semakin sedikit makanan yang diubah menjadi energi oleh karena itu, tubuh Anda mulai mengubah lemak di tubuh menjadi energi. Saat berpuasa, Anda juga dapat membakar sel-sel lemak tanpa mempengaruhi jaringan otot.

2. Membuat Tubuh Lebih Bugar

Ada sejumlah alasan mengapa puasa dapat membuat seseorang merasa lebih bugar. Tentu kaitannya dengan fungsi metabolisme yang membaik sebab berpuasa meningkatkan kemampuan metabolisme tubuh Anda.

Dengan demikian sistem kekebalan tubuh Anda akan meningkat, serta mencegah degenerasi dan hilangnya jaringan otot.

3. Memperlambat Proses Penuaan

Berpuasa juga menstimulasi pelepasan hormon pertumbuhan yang membuat tulang semakin kuat, perbaikan sintesis protein, dan meningkatkkan massa otot. Ini semua memperlambat proses penuaan baik secara internal maupun penampilan fisik luar.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago menunjukkan, puasa dapat mencegah kematian dini. Sebab sel-sel tubuh Anda akan jauh dari kerusakan yang membuat tubuh mudah sakit.

4. Membuang Racun di Dalam Tubuh

Selama menjalani puasa Senin Kamis, tubuh Anda secara otomatis mengalami detoksifikasi. Anda akan terhindar dari racun-racun berbahaya di dalam tubuh.

Saat lemak di dalam tubuh dibakar menjadi energi maka racun di dalam lemak ikut dibebaskan sehingga detoksifikasi tubuh terjadi. Racun di tubuh dibuang dengan bantuan hati, ginjal, dan organ-organ lainnya sehingga tubuhmu bersih dari racun.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Dalam pertemuan Society for Neuroscience pada 2015 menujukkan, kalau puasa meningkatkan fungsi memori otak, membantu menyembuhkan luka di otak atau penyakit stroke. Berpuasa juga membantu meningkatkan neuron.

Sebuah studi menemukan bukti bahwa puasa dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kualitas hidup orang yang hidup dengan penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Dalam studi lainnya, seseorang yang rajin puasa juga akan terlindungi dari risiko kerusakan otak saat terkena stroke.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini