Ini Cara Mudah Seimbangkan Asupan Gizi saat Puasa

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 27 Mei 2019 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 27 614 2061033 ini-cara-mudah-seimbangkan-asupan-gizi-saat-puasa-Z6lA3CAciw.jpg Tips penuhi asupan gizi saat puasa (Foto: Goodhousekeeping)

SAAT puasa seharian, otomatis ada perubahan yang terjadi di dalam tubuh kita. Antara puasa dengan pola makan memang sangat berhubungan satu sama lain.

Di saat tidak puasa, biasanya setiap orang punya intensitas makan mencapai tiga kali dalam sehari, beberapa kali camilan, hingga menjadikan saluran pencernaan hampir selalu aktif.

Sedangkan saat berpuasa, dengan tidak adanya asupan makanan dan minuman selama belasan jam. Otomatis tubuh pun mengalami perubahan, karena adanya kesempatan untuk saluran pencernaan memasuki fase pemulihan. Berkurangnya beban kerja dan memperbaiki proses regenerasi saluran cerna.

Namun di sisi lain, dengan berpuasa yang mana tidak makan dan minum ini artinya tubuh bisa saja kekurangan asupan gizi. Nah, agar tidak kekurangan asupan gizi saat berpuasa seharian ada trik yang bisa dilakukan, yakni mengatur resep makan.

Berikut perhitungan resep makan agar asupan gizi tetap seimbang selama berpuasa, seperti yang dijelaskan oleh dr Kristoforus Hendra Djaya dari Klinik In Harmony.

Sahur, terdiri dari 40 persen yakni makan besar 30 persen, ditambah makan kecil 10 persen sebelum imsak dan ditutup dengan minum air mineral sebanyak dua gelas. Komposisi lengkap untuk sahur, pertama ada karbohidrat yang bisa didapat dari nasi, kentang atau bihun. Ditambah dengan protein hewani sebagai lauk, bisa daging ayam, ikan, telur atau daging sapi atau bisa juga protein nabati yakni tahu dan tempe. Jangan lupa lengkapi dengan sayur-sayuran dan buah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Untuk berbuka, idealnya dimulai dengan makanan manis dan hangat. Terdiri dari 60persen yaitu makanan manis 15 persen, minum air mineral empat gelas, ditambah buah atau camilan 15persen, dan ditutup oleh dua gelas air mineral. karbohidrat yang bisa didapat dari nasi, kentang atau bihun.

Ditambah dengan protein hewani sebagai lauk, bisa daging ayam, ikan, telur atau daging sapi atau bisa juga protein nabati yakni tahu dan tempe. Sedangkan asupan lemak bisa didapat dari minyak sayur dan hewani. Sama seperti santap sahur, untuk makan lengkap saat berbuka jangan sampai absen sayur-sayuran dan buah.

Nah, buat Anda yang masih hobi makan saat usai salat tarawih. Boleh saja selesai salat tarawih kembali makan, tapi yang dikonsumsi sebaiknya adalah buah potong dan salad sayur. Tutup hari sebelum puasa dengan menenggak dua gelas air mineral sebelum imsak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya