nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Doa Minta Dijadikan Pribadi yang Ikhlas

Kamis 10 Oktober 2019 05:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 09 618 2114831 doa-minta-dijadikan-pribadi-yang-ikhlas-43GmzIOqCF.jpg Perempuan berdoa agar bisa ikhlas (Foto: Shutterstock)

Setiap manusia pasti ingin hidup dengan tenang dan damai. Namun untuk mencapainya tak mudah, salah satu cara agar hidup tenang adalah berusaha menjadi pribadi yang ikhlas.

 Berdoa

Cara untuk menjadi pribadi yang ikhlas salah satunya berdoa kepada Allah agar diberi keikhlasan di hati kita.

Terdapat doa yang sering dibaca Rasulullah SAW, di antaranya :

« اَللّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ أَعْلَمُ»

Allahumma inni a’udzubika an usryrika bika wa ana a’lam wa astaghfiruka lima la a’lam

“Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari perbuatan menyekutukan-Mu sementara aku mengetahuinya, dan akupun memohon ampun terhadap perbuatan syirik yang tidak aku ketahui.” (HR.Ahmad)

Doa tersebut rupanya bisa membantu kita agar bisa menjadi pribadi yang lebih ikhlas. Selain itu, ikhlas juga membantu hidup kita jadi lebih tenang karena tak memikirkan hal yang mengecewakan diri kita.

Ibnu Qayyim rahimahullah mengibaratkan ikhlas sebagai ruh atau nyawa. Sedangkan jasadnya adalah amal perbuatan yang baik. Jadi bisa dibayangkan bagaimana keadaan jasad tanpa nyawa. Namun juga bentuk kemurnian ketaatan kita kepada Allah dan bisa membantu untuk menahan dahsyatnya godaan setan ketika datang mengacaukan hati.

Di sini ikhlas juga masuk pada salah satu strategi penting dalam manajemen diri. Termasuk memanajemen perasaan.

Seperti dilansir dari Pondok Pesantren Tebu Ireng, Alumni Pondok Pesantren Putri Walisongo Jombang, Silmi Adawiya menjelaskan, selama ini banyak orang yang ingin bisa memiliki pribadi yang ikhlas. Namun sedikit yang bisa menempuh jalannya dan suksses menjadi pribadi yang ikhlas.

Setidaknya doa di atas bisa dijadikan salah satu usaha kita untuk menjemput harapan utnuk menjadi orang yang ikhlas. Menjadi orang yang ikhlas bukan berarti memiliki kepribadian yang tidak pandai.

Melainkan ikhlas itu merupakan cara cerdas untuk mendapatkan pertolongan Allah. Dalam hadis Nabi disebutkan:

إِنَّمَا يَنْصُرُ اللَّهُ هَذِهِ الْأُمَّةَ بِضَعِيفِهَا بِدَعْوَتِهِمْ وَصَلَاتِهِمْ وَإِخْلَاصِهِمْ

“Allah akan menolong umat ini karena sebab orang miskin, karena doa orang miskin tersebut, karena salat mereka dan karena keikhlasan mereka dalam beramal’’ (HR Nasa’i)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini