nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Nyata, Seorang Ibu Berangkat Umroh Bemodal Rp200 Ribu

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 17:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 11 614 2115793 kisah-nyata-seorang-ibu-berangkat-umroh-bemodal-rp200-ribu-6CVNgPREDT.jpg Ilustrasi. Foto: Reuters

PERGI ke Tanah Suci untuk naik haji atau umroh sudah menjadi impian setiap muslim. Namun tidak semua punya kesempatan ke sana karena keterbatasan ekonomi.

Meski begitu jika seorang muslim sudah punya tekad yang kuat untuk umroh, Insya Allah jalannya akan dimudahkan oleh Yang Maha Kuasa. Hal itu sudah dibuktikan dengan kisah nyata yang diceritakan Ustadz Abdul Somad (UAS).

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @semenit_bermanfaat, tampak UAS menceritakan seorang ibu berangkat haji dengan modal awal hanya Rp200 ribu.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

“True Story, kisah nyata. Datanglah sahabat saya menawarkan umroh kepada ibu-ibu. Ibu, berangkat umroh ya,” ucap UAS menirukan sahabatnya itu.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

“Saya enggak punya uang mas? Itu kan ada kebun cabai di belakang. Panennya cuma Rp200 ribu. Ada duit Rp200 ribu sekarang? Ia. Setor (red. untuk daftar umroh),” cerita UAS.

Kemudian ibu tersebut menyetorkan uang Rp200 ribu tersebut untuk berangkat umroh. “Tapi umroh biayanya Rp24 juta,” ucap UAS lagi.

Namun karena tekad yang kuat untuk ke Tanah Suci, kata UAS, Allah mencukupinya. Ia melanjutkan bahwa Allah telah berfirman;

إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ (82

Innama Amruhu Idza Arada Syaian An Yaqula Lahu Kun Fayakun

Artinya :

Sesungguhnya urusannya-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, Jadilah, Maka jadilah ia. Qs. Yasin : 82

“Maka panen tiba-tiba dapat Rp8 juta. Dua kali panen Rp16 juta, sekali lagi panen Rp24 juta. Berangkat dia umroh dari Rp200 ribu,” ucap tutur UAS.

Ia menambahkan, memang si ibu tersebut yang berikhtiar pergi umroh dengan modal menanam cabai. Namun kehendak Allah lah yang membuat mimpinya ke Tanah Suci terwujud.

“Yang menanamnya dia, tapi yang menumbuhkannya Allah. Allah kalau mau berkuasa, menunjukkan kekuasaannya, tak sulit bagi Allah SWT,” kata UAS.

“Oleh karena itu berniat. Jangan sampai tak berniat. Tak ada yang tak mungkin bagi Allah SWT,” pungkas UAS.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini