Viral Santri Uji Google Baca Kitab Kuning, Hasilnya?

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 29 614 2122962 viral-santri-uji-google-baca-kitab-kuning-hasilnya-Hp3dQ1hXva.jpg Foto: Secreenshoot dari akun Instagram @santrisejati_

DALAM kehidupan sehari-hari, sering ditemukan suatu individu memenuhi rasa ingin tahunya atau bertanya dengan cara berselancar di Google. Sampai-sampai google itu disebut mesin pintar karena mampu menyediakan semua jawaban dari semua pertanyaan.

Namun apa jadinya jika kepintaran Google diuji oleh seorang santri? Inilah yang tampak dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @santrisejati_.

“Halo Google, aku sekarang menguji kamu membaca kitab kuning. Coba ini kalimat apa?” ucap si santri.

Kemudian Google menjawab dengan kalimat ISIM, dan jawabannya benar. Berikutnya santri bertanya; “Tandanya apa?”

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Lalu Google mengatakan diawali dengan Al. Lagi-lagi jawabannya benar. Namun ada satu yang tak bisa tuntaskan oleh Google, yaitu ketika disuruh membaca Nadhomanya. “Maaf Google enggak bisa jawab,” demikian respons dari mesin pencarian tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sang santri pun memaklumi ketidak mampuan Google tersebut dengan mengatakan; “Oia ya, kamu kan santri baru. Makanya mondok itu yang betah. Belajar agama sama kiai dan ulama biar kamu jadi pintar, paham?”

Hanya saja perlu diingat bahwa semua ini adalah video parodi. Tujuan dibuatnya video tersebut yakni untuk memberi semangat kepada santri baru.

“Buat Santri baru Semoga Betah ya Mondoknya,” demikian keterangan tertulis yang menyertai rekaman itu.

Videp santri menguji google tersebut sudah viral. Sejak diunggah beberapa waktu lalu, rekaman ini sudah ditonton puluhan ribu kali. Warganet juga ramai-ramai mengomentarinya.

“Suara Googlenya akhwat... Makanya mau jawab masih malu-malu. Jadinya enggak bisa jawab,” tulis akun @agus_katon77.

“Sebenarnya bisa saja Google jawab nadhomnya, asalkan pertanyaanmu jelas. Seperti (red. memakai kata) apa,” komentar akun @abdulrahman_albayumi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya