nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perbanyak Salawat saat Maulid Nabi, Ini Syafaat yang Diperoleh

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 04:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 30 330 2123758 perbanyak-salawat-saat-maulid-nabi-ini-syafaat-yang-diperoleh-Stnf4bF07y.jpg Membaca salawat Nabi (Foto: Shutterstock)

Rabiul Awal merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Umat Islam memperingati kelahiran Nabi dengan banyak beribadah dan berdoa saat maulid Nabi.

Ustadz Abdurrohman Djaelani yang akrab disapa Udjae mengatakan, terdapat amalan yang bisa dilakukan saat maulid Nabi. Namun pada umumnya ada tiga macam.

 Umat Islam merayakan maulid Nabi

"Pertama bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Kedua, sedekah. Ketiga, puasa sunah. Itu amalannya," ujar Udjae saat dihubungi Okezone, Rabu malam (30/10/2019).

Sedangkan untuk doa, terang Udjae, tidak ada doa khusus untuk dibaca ketika maulid Nabi. Doa apapun bisa dipanjatkan pada waktu tersebut karena Nabi sendiri tidak pernah memperingati kelahirannya sendiri. Namun ini bukan berarti bidah.

"Bukan berarti bidah. Karena bidah itu ada dua, dalalah dan hasannah," ujarnya.

Sementara menurut Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustadz Fauzan Amin, saat maulid Nabi disarankan memperbanyak membaca salawat.

"Disunahkan memperbanyak baca salawat kepada Nabi. Besar harapan kelak di akhirat kita mendapat syafaat Rasulullah," katanya.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى الله عَلَيْهِ عَشْرًا

"Barang siapa yang bersalawat kepadaku sekali, maka Allah bersalawat kepadanya sepuluh kali."

أَكْثِرُوا الصَّلاَةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا.

"Perbanyakah salawat kepadaku, pada siang dan malam hari jumat. Maka barang siapa yang baca salawat 1 kali maka Allah akan bersalawat padanya 10 kali"

Nabi Muhammad akan memberikan syafaat kepada orang yang membaca salawat.

"...Dan barangsiapa membaca salawat untukku, maka aku akan memberikan syafaat kepadanya pada hari Kiamat." (HR Abu Daud)

Nabi Muhammad akan memberikan syafaat kepada orang-orang yang suka membaca salawat seperti mendapat pahala dan mendapat pertolongan saat hari kiamat.

"Bersalawat itu perintah Allah. Bahkan Allah dan para malaikat juga besalawat. Maka kita sebagai umatnya harus ikut serta rajin membaca salawat kepada Nabi," jelas Ustadz Fauzan Amin.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini