Polemik Larangan Memakai Cadar, Ini Penjelasan Kiai Muchlis

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 04 November 2019 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 04 614 2125387 polemik-larangan-memakai-cadar-ini-penjelasan-kiai-muchlis-Yg45jICufh.jpg Larangan memakai cadar (Foto: Youtube)

Larangan memakai cadar di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) menimbulkan polemik yang berkepanjangan.

Bahkan sampai saat ini, larangan memakai cadar masih terus dibahas. Lalu bagaimana kedudukan cadar dalam Islam?

 Memakai cadar

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) Kementerian Agama Muchlis M Hanafi menjelaskan, penutup wajah atau cadar tersebut bukanlah perintah agama, melainkan hanya budaya Arab.

"Kita sepakat bahwa niqab atau cadar itu bukan bagian dari perintah agama. Tapi agama juga tidak menolak. Jadi tidak diwajibkan," Katanya saat ditemui Okezone di bilangan Jakarta Pusat akhir pekan lalu.

Meski niqab atau cadar adalah bagian dari budaya, namun keberadannya tidaklah ditolak. Sebab, kehadiran niqab ini pun mendapat sambutan dan apresiasi dalam Islam.

Adanya larangan memakai cadar di kalangan instansi pemerintah, terang Kiai Muchlis, tentunya ada pertimbangan-pertimbangan yang membuat aturan tersebut diterapkan. Misalnya, mempertimbangkan soal keamanan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Serta untuk urusan administrasi dan ini menjadi perimbangan kemaslahatan.

"Lalu kemudian urusan administrasi, siapa tahu kan yang di balik niqab itu laki-laki (bercermin kepada crosshijaber-red). Mungkin pertimbangannya itu, pertimbangan kemaslahatan," ujar mantan Juru Bicara Presiden Joko Widodo ini.

Apakah cadar diwajibkan di dalam Alquran?

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

 Pertanyaan tersebut hingga kini masih menjadi perdebatan. Kiai Muchlis mengatakan, hal tersebut hanya sebagai penafsiran karena di dalam Alquran sendiri tidak ada ayat yang menerangkan tentang kewajiban mengenakan cadar.

Selain itu, para ulama pun berbeda pendapat tentang cadar karena batasan ini memiliki pemahaman yang berbeda-beda. Ada yang mewajibkan dan sebagai sunah saja.

Untuk itu, kata Kiai Muchlis, tidak pernah ada larangan mengenakan cadar dalam perintah agama. Namun, hanya pertimbangan-pertimbangan khusus demi kebaikan bersama.

"Saya kira bukan pertimbangan agama, ya. Kalau ada yang melarang dengan pertimbangan agama saya kira tidak ada. Melarang dengan pertimbangan kemaslahatan. Antara lain, kemaslahatn keamanan dan seterusnya," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya