Ini Doa Agar Tidak Malas

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 07 618 2126729 ini-doa-agar-tidak-malas-myJycBeMyw.jpg Ilustrasi. Foto: newsmuslim

RASA malas atau enggan melakukan sesuatu sebenarnya adalah sifat manusiawi. Mungkin saja sedang kelelahan sehingga butuh istirahat sejenak. Tapi, jika rasa malas itu terus menerus ada barangkali perbuatan dari setan.

Setan akan melakukan apa saja, supaya kita menjadi seseorang yang pemalas. Misalnya, malas bekerja, malas salat, mengaji atau apapun yang berhubungan dengan kebaikan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Masjid Agung Sunda Kelapa Ustadz Agustin Amirudin mengatakan, banyak doa yang bosa dipanjatkan ketika rasa malas telah tiba. Namun ada salah satunya yang bisa Anda amalkan setiap harinya, yaitu:

Ilustrasi. Foto: Shutterstock

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu, Pengurus Lajnah Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN PBNU) Ustadz Abdul Malik Mughni mengatakan, terdapat doa mustajab lainnya untuk menghindari rasa malas. Dimana doa ini juga tersambung dengan riwayat hadist Nabi Muhammad SAW.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia."

"Itu doa yang diajarkan para kiai di pesantren. Saya dikasih itu dari K.H Yasyif Maimun Syairozie, Bacicir. Beliau dari gurunya-gurunya, terus nyambung sampai ke hadist Nabitentang anjuran doa tersebut," katanya kepada Okezone.

Selain itu, keutamaan lainnya tentang doa ini adalah dapat terhindar dari jeratan hutang hingga yang tertindas dan bahkan yang lemah atau impotensi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini