Amalan dan Doa Agar Terhindar dari Bencana

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 03 Januari 2020 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 03 618 2148808 amalan-dan-doa-agar-terhindar-dari-bencana-CjBnxVrUEb.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

WAKIL Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah, KH Nasrullah Afandi mengatakan, bisa saja musibah banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya beberapa hari terakhir ini adalah teguran sekaligus ujian dari Allah SWT.

Oleh karena itu penting untuk selalu mengingat Allah sebagai upaya mencegah manusia dari malapetaka, atau musibah yang tentunya akan merugikan. Lalu apakah ada amalan supaya terhindar dari bencana seperti banjir Jakarta dan sekitarnya?

Nasrullah mengatakan, agar terhindar bencana alam atau bala maka sebaiknya umat Islam selalu mengucapkan kalimat-kalimat Allah SWT. "Perbanyak baca istighfar 'Astaghfirullah aladzim', dan salawat 'sallallah ala Muhammad' sebanyak-banyaknya," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (3/1/2020).

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Ia melanjutkan, setelah itu bisa dilanjutkan dengan membaca doa memohon perlindungan kepada Allah SWT supaya terhindar dari bencana sepertii banjir dan lain-lain. Salah satu bacaan doanya seperti berikut:

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Artinya: "Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu"(HR. Muslim).

Dan juga bacalah doa ini:

بِسْمِ اللهِ اْلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِا للهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim wala haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tiada daya dan kekuatan (bagi kami) melainkan hanya dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya