Bikin Kagum, Anggota TNI Salat Hanya Beralas Daun Sawit saat Bertugas

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 05 Januari 2020 01:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 04 614 2149257 bikin-kagum-anggota-tni-salat-hanya-beralas-daun-sawit-saat-bertugas-q6TAWWOvOV.jpg Salat di atas daun (Inst)

Kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan beberapa waktu lalu menyisakan banyak pelajaran bagi kita semua, terutama bagi warga terdampak yang mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sendiri. Kali ini ada pelajaran berharga dari seorang anggota TNI yang ikut membantu proses pemadaman kebakaran hutan itu.

Ada kisah menarik dari salah satu anggota TNI yang bertugas memadamkan api di tengah bencana nasional itu.

 anggota TNI sering beribadah

Sebuah foto viral menunjukkan seorang prajurit melaksanakan salat di tengah tugasnya memadamkan api. Seperti dilansir Laduni.id, dari unggahan di Instagram melalui akun @puspenTNI, nampak seorang anggota TNI yang melaksanakan salat dengan beralaskan daun saja.

"Padamkan Karhutla, anggota Kodim PPU salat beralaskan daun," tulis akun PuspenTNI.

Menurut website resmi TNI AD, prajurit yang ada di foto tersebut merupakan anggota Kodim 0913/Paser Penajam Utara.

Foto dirinya yang viral itu merupakan foto saat ia sedang melaksanakan Salat Dzuhur beralaskan daun sawit di tengah tugasnya memadamkan api. Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud mengungkapkan dalam rilis tertulisnya, kalau prajurit TNI di manapun berada dan bertugas harus tetap mengutamakan ibadah.

“Walaupun sedang bertugas di lapangan, ibadah merupakan prioritas, sebagai ungkapan syukur kepada Sang Khalik,” ujarnya.

"Dengan beribadah memohon perlindungan Allah SWT, tugas seberat apapun dapat dilaksanakan. Sebagai pimpinan, hal seperti ini selalu saya sampaikan kepada anggota, agar tugas yang kita kerjakan mendapat ridho-Nya," kata Letkol Inf Mahmud.

Foto prajurit yang sedang melaksanakan salat di tengah tugas tersebut diambil pada bulan Juni 2019 lalu. Lokasi foto tersebut tepatnya berada di pedalaman lahan gambut di RT. 11 dan RT. 12 Kelurahan Petung, dan RT. 003 Desa Giripurwa.

“Jelang waktu Salat Dzuhur, anggota berhenti untuk beristirahat di sekitar lokasi, ada yang dimanfaatkan untuk bersantai dan ada juga anggota menikmati singkong yang sudah mateng,” kata Letkol Inf Mahmud.

Anggota yang sedang beristirahat di tengah perjuangannya memadamkan api kebakaran hutan. “Bagi anggota yang beragama Islam melaksanakan Salat Dzuhur di bawah pohon sawit, sudah merupakan rutinitas tiap hari,” tambahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini