Doa Ketika Melihat Bencana Alam, Baca Pelan-Pelan

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 08:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 06 618 2149649 doa-ketika-melihat-bencana-alam-baca-pelan-pelan-M80JBfgt2w.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem diperkirakan terjadi hingga sepekan ke depan di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Jakarta dan Jawa Barat. Di Ibu Kota sendiri cuaca ekstrem berupa hujan deras telah menimbulkan bencana berupa kebanjiran.

Sementara di kawasan Bogor, Jawa Barat terjadi longsor. Lalu bagaimana seorang Muslim jika melihat bencana alam seperti banjir dan tanah longsor atau yang lainnya?

Dikutip dari akun resmi Instagram Nahdatul Ulama (nuonline_id), Rasulullah bersabda, siapa pun yang melihat orang yang terkena bala, hendaknya mengucapkan:

Ilustrasi. Foto: Istimewa

الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذي عَافَانِي مِمَّا ابْتِلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً لَمْ يُصِبْهُ ذَلِكَ البَلَاءُ

Alhamdulillâhilladzi ‘âfânii mimmâ ibtalâka bihi wa faddhalanî ‘alâ katsîrin mimman khalaqa tafdhîlân lam yushibhu dzâlikal balâ’

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkanku dari apa yang menimpamu dan memberikan keutamaan kepadaku atas kebanyakan makhluk, (jika karunia itu juga diterima) niscaya bala tidak menimpa." (HR At-Tirmidzi)

Imam Nawawi dalam al-Adkâr mengatakan, para ulama menyarankan doa di atas dibaca secara pelan-pelan (sirr) agar tak menyinggung perasaan orang yang terkena bencana. Kecuali bila yang terkena musibah adalah ahli maksiat, maka boleh agak keras dengan syarat tak menimbulkan mudarat.

Jika dinilai malah merugikan, maka membacanya secara pelan-pelan adalah pilihan terbaik sebagai tata krama.

Doa juga bisa dan penting dibaca oleh para relawan korban bencana alam, tenaga medis penyakit-penyakit parah, penolong korban kecelakaan, atau sejenisnya. Wallahu a’lam. 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini