4 Kutipan Gus Sholah yang Bisa Dijadikan Pedoman Hidup

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 614 2162493 4-kutipan-gus-sholah-yang-bisa-dijadikan-pedoman-hidup-So08tqfNZR.jpg Gus Sholah (Foto: Inst Ipan Wahid)

Umat Muslim di Indonesia tengah dirundung duka mendalam. Satu lagi, ulama besar yang menjadi tauladan kini telah pergi, dengan meninggalnya Gus Sholah atau KH. Salahuddin Wahid pada 2 Februari 2020.

Walau kini telah tiada, mendiang Gus Sholah meninggalkan banyak ilmu yang bisa kita pelajari. Salah satunya melalui kutipan-kutipan atau quote yang pernah beliau ucapkan semasa hidupnya.

 Gus Sholah (tengah) semasa hidup

Berikut empat quote Gus Sholah yang bisa dijadikan pedoman hidup.

1. Rezeki : Banyak orang rela berbuat segalanya demi harta. Melalui kutipan Gus Sholah yang berbunyi, “Soal rezeki, Allah yang ngatur. Tidak usah khawatir. Jatah kita tidak akan jatuh ke tangan orang lain.” Ini menunjukkan bahwa Gus Sholah mengingatkan kita semua bahwa Allah SWT sejatinya telah mengatur semua rezeki hamba-hamba-Nya, jadi tak perlu takut.

2. Kejujuran : Gus Sholah juga peka terhadap isu sosial di negeri ini, termasuk masalah perihal korupsi. Dengan quote yang berbunyi, “Kepandaian tidak ada gunanya kalau tidak jujur. Yang ada nantinya hanya akan menjadi koruptor dan menipu bangsa sendiri.” Gus Sholah mengingatkan agar kita untuk selalu jujur, karena itu adalah salah satu hal yang paling utama dalam menjalani hidup.

3. Bersyukur dan beribadah : Beribadah, menunaikan kewajiban adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap umat Islam. Namun selain menunaikan kewajiban, Gus Sholah mengingatkan, sejatinya beribadah secara istiqomah adalah salah satu wujud rasa syukur seorang hamba pada Allah. “Banyak cara bersyukur yang dapat dilakukan. Beribadah secara istiqamah merupakan bentuk syukur kita kepada Allah.”

4. Sabar saat berbuat baik : Sebagai manusia wajar jika kita merasa perbuatan atau amal baik kita bisa segera dibalas dengan sama baiknya. Melalui quote, “ Memang tidak semua perbuatan baik akan dibalas secara langsung, mungkin perbuatan itu akan dibalaskan di kemudian hari oleh orang lain.” Gus Sholah mengingatkan kita sebagai hamba Allah semestinya harus bersabar, cukup berbuat baik tanpa perlu mengharapkan amal baik tersebut segera mendapat balasannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini