nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melongok Indahnya Istana Ibrahim, Warisan Arsitektur Ottoman di Arab Saudi

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 09:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 15 615 2168842 melongok-indahnya-istana-ibrahim-warisan-arsitektur-ottoman-di-arab-saudi-pTcD1VYr8F.jpg Istana Ibrahim yang megah (Foto: Trip Advisor)

Dibangun hampir 500 tahun yang lalu, Istana Ibrahim di Hofuf adalah salah satu landmark paling signifikan di wilayah Al-Ahsa, Provinsi Timur, Arab Saudi.

Istana Ibrahim merupakan warisan arsitektur utama dari Masa Kekaisaran Ottoman Turki Al-Hofuf. Istana tersebut sejatinya dulu merupakan barak militer tentara Turki.

 Istana Ibrahim

Sebelum direnovasi oleh Ibrahim, sejatinya bangunan itu dibangun oleh Ali Ibn Ahmed Ibn Lawand Al-Burayki. Ia merupakan gubernur era Kekaisaran Ottoman Turki.

Seperti dilansir dari Arab News, Sabtu (15/2/2020), istana tersebut memiliki beberapa menara pengawas militer. Istana itu dikisahkan diberi nama arsitek yang merenovasi bangunan tersebut pada 1801 yakni Ibrahim bin Afysan.

Luasnya meliputi lebih dari 16.500 meter persegi, Istana Ibrahim menggabungkan gaya arsitektur modern dan Islam yang khas pada saat itu.

Di dalamnya terdapat Masjid Al-Quba, yang memiliki kubah tunggal di atas seluruh bangunan. Masjid tersebut mencerminkan arsitektur unik di Arab Saudi pada saat itu.

Istana yang megah itu dibangun di atas rute dagang yang menghubungkannya ke seluruh dunia. Hal ini melambangkan kekayaan di wilayah tersebut.

Pembangunan istana di atas rute dagang juga menunjukkan wilayah tersebut memiliki berbagai jenis barang dagangan.

 Istana Ibrahim

Usai Raja Arab Saudi, Raja Abdul Aziz menguasai Istana Ibrahim, ia menambahkan dimensi baru ke Istana Ibrahim ketika ia memerintah Al-Ahsa pada tahun 1913. Ia juga memperkuat struktur istana dengan kubah Islam.

Tak lupa Raja Abdul Aziz juga membangun menara besar bergaya militer. Ia juga menambahkan barak tentara di sayap timur Istana Ibrahim yang megah dan indah tersebut.

Buat traveler muslim, kalau kalian ke Arab Saudi jangan lupa ya melongok istana yang indah ini. Di sana kamu bisa melihat-lihat berbagai benda warisan bersejarah yang bisa menambahkan pengalaman dan pengetahuanmu loh!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini