Muslim Milenial, Yuk Amalkan Sunah Rasul dalam Kehidupan Sehari-hari

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 14:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 19 614 2170846 muslim-milenial-yuk-amalkan-sunah-rasul-dalam-kehidupan-sehari-hari-NriFW3GZpM.jpg foto: ilustrasi/Okezone

SECARA harfiah, kata sunah berarti adat istiadat. Namun menurut definisi, sunah adalah sesuatu yang merupakan perkataan, perbuatan dan taqrir (penetapan) Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Sunnah juga umumnya merujuk pada etika atau kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-harinya. Kebiasaan sunah ini diyakini sebagai tindakan umat Islam untuk terus berlatih membawa diri dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala

Ada sejumlah manfaat spiritual dan fisik di balik setiap sunah. Inilah lima sunah yang bisa Anda amati dalam rutinitas harian Anda.

Baca bismillah

Sebagai umat islam, bacalah bismillah sebelum melakukan segala sesuatu. Bismillah memiliki "Dalam nama Allah, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Penyayang".

Ketika Anda membaca Bismillah, Anda mengakui bahwa tindakan Anda adalah kehendak-Nya. Ini mungkin juga merupakan pengingat bahwa rezeki Anda berasal dari Allah.

Bangun dengan cara sunah

Ketika Anda bangun, umat Islam didorong untuk duduk dan menggosok kedua telapak tangan di wajah dan mata. Hal ini diyakini dapat menghilangkan jejak tidur. Anda kemudian dapat melanjutkan membaca doa untuk bangun sebagai berikut:

الْحَمْدُ للهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdu lillahil-ladhi ahyaana ba'da ma amaatana wa ilayhin-nushur.

Terjemahan: Semua pujian adalah kepada Allah yang memberi kita kehidupan setelah kematian (tidur) dan kepada-Nya adalah kembali. [Bukhari]

Kemudian, umat Islam dapat menyikat gigi mereka dengan miswak yang merupakan ranting pembersih gigi yang terbuat dari pohon Salvadora persica. Anda kemudian dapat melanjutkan untuk melakukan wudhu.

Nabi Muhammad bersabda, “Jika ada di antara kamu yang bangun dari tidur dan melakukan wudhu, ia harus membasuh hidungnya dengan memasukkan air ke dalamnya dan kemudian meniupnya tiga kali, karena setan telah tinggal di bagian atas hidungnya sepanjang malam."

Menggunakan siwak

Seperti disebutkan sebelumnya, miswak atau siwak adalah ranting yang dibuat dari pohon Salvadora persica. Siwak digunakan oleh Rasulullah dan teman-temannya untuk membersihkan gigi mereka. Umat muslim menganggap siwak sebagai sikat gigi pada zaman dahulu. Karena memiliki sifat anti bakteri, menggunakan siwak adalah cara yang bagus untuk menjaga kebersihan mulut.

Ada banyak sunah yang melibatkan siwak dari menggunakannya saat bangun tidur atau di antara salat. Beberapa Muslim menggunakan siwak diantara salat Tarawih mereka selama Ramadhan. Anda bahkan mungkin melihat muslim menggunakan siwak saat membaca Alquran. Ini untuk menunjukkan penekanan pada kebersihan mulut yang baik dalam Islam.

Tidur dengan wudhu

"Bersihkan tubuhmu dan Allah akan memurnikan kamu, karena tidak ada budak yang pergi tidur dalam keadaan kemurnian tetapi seorang malaikat menghabiskan malam bersamanya dan setiap kali dia berbalik, (Malaikat) berkata, Ya Allah! Maafkan budakmu, karena dia pergi tidur dalam keadaan murni." [Tabraani]

Sebelum tidur dan setelah shalat Isya, umat Islam di sunahkan sebelum tidur dalam keadaan wudhu. Karena Anda akan tidur dalam keadaan suci di mana Anda akan diawasi oleh para Malaikat, sementara para sarjana Islam lainnya mengklaim bahwa berada dalam keadaan wudhu akan melindungi tidur dari mimpi buruk. Lebih baik lagi, muslim yang tertidur saat dalam keadaan berdzikir.

Tersenyum

"Saya belum melihat orang yang lebih banyak tersenyum daripada Rasulullah." [Tirmidzi]

Ini mungkin tampak sederhana tetapi, tersenyum adalah sunah yang dicontoh Nabi Muhammad sepanjang waktu. Tersenyum tidak hanya menebarkan kegembiraan tetapi juga terbukti meningkatkan serotonin, hormon antidepresan alami. Dengan tersenyum, Anda akan menyalurkan kepositifan dan rasa terima kasih kepada Allah Ta'ala.

Sebagai muslim, kita tidak harus membuat gerakan besar untuk meningkatkan iman kita, tetapi justru hal-hal kecil yang membuat kita menjadi hamba Tuhan yang lebih baik. Mungkin sulit untuk menanamkan begitu banyak sunah yang baik sekaligus. Tetapi Anda selalu dapat mengatur pengingat visual dan biasakan untuk berlatih sunah dalam kehidupan sehari-hari Anda.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini