nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Sunnah Nabi Muhammad agar Istri Bahagia

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 21:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 20 614 2058156 7-sunnah-nabi-muhammad-agar-istri-bahagia-l5q9oIvADv.jpg Ketahui Sunna Nabi Muhammad agar istri bahagia (Foto : Why Muslim)

Nabi Muhammad merupakan seorang ayah sekaligus suami dalam keluarganya dan memiliki kehidupan keluarga yang bahagia yang dibangun di atas saling pengertian dan kebaikan.

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara Nabi Muhammad membuat bahagia istrinya. Sebelum membahas itu, perlu diketahui menikah adalah anjuran dari Allah SWT untuk umatnya.

Pernikahan juga merupakan alat untuk membawa Anda lebih dekat kepada Allah SWT. Hubungan perkawinan adalah rahmat dan tanda ilahi yang luar biasa, seperti yang dikatakan Allah dalam firmannya yang terdapat dalam surat Ar-Rum, ayat 21:

”Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untukmu istri-istrimu dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya dan menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang mau berfikir.“

Berikut adalah 7 sunnah dari Nabi Muhammad SAW agar istri bahagia dilansir dari Onepathnetwork, Senin (20/5/2019):

1. Tunjukkan rasa terima kasih dan akui kerja keras yang dia lakukan.

Dengan menunjukkan rasa terima kasih kepada istri Anda dan mengakui kerja kerasnya, Anda akan membuatnya merasa puas dan senang. ini akan membuatnya tetap termotivasi untuk melakukan kerja keras.

Ini juga berarti bahwa jika Anda berterima kasih kepada istri Anda, maka Anda bersyukur kepada Allah karena telah memberikan seorang istri yang baik, karena Allah SWT yang memberi Anda kesempatan untuk bersatu dalam pernikahan. Berterimakasihlah pada istrimu dan katakan padanya bahwa kamu menghargai semua pekerjaan dan usahanya dan ucapkan Alhamdulillah atas persahabatannya.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ berkata:

"Siapa pun yang tidak berterima kasih kepada orang-orang, ia tidak berterima kasih kepada Allah." (HR Tirmidzi)

Allah SWT juga menyatakan dalam Al Qur'an:

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]: 7)

Ayat ini tidak hanya terbatas pada bersyukur kepada Allah tetapi juga dapat berlaku untuk bersyukur kepada orang yang kita cintai.

2. Ungkapkan rasa cinta dan kasih Anda kepada istri Anda

Kata-kata manis tidak membutuhkan biaya banyak tetapi dapat mengisi hati seorang wanita. Para pendahulu kita yang saleh mengatakan bahwa ungkapan cinta dan kasih sayang yang tidak pantas sebenarnya adalah Sunnah.

Gagasan mencium istri Anda setiap kali Anda tiba di rumah adalah ungkapan cinta dan syukur dan itu Sunnah. Nabi Muhammad selalu menunjukkan kasih sayang kepada istrinya. Dari Aisyah RA bahwasanya Nabi Muhammad selalu mencium salah seorang istri beliau, kemudian keluar untuk melaksanakan shalat.

3. Bantu dan dukung dia dalam tugas sehari-hari

Jadilah dukungan terbesar untuk istri Anda dan tawarkan diri Anda untuk membantunya melakukan tugas apa pun, apakah itu besar atau kecil. Istri Anda ingin merasa seperti Anda bekerja bersama sebagai sebuah tim untuk membangun keluarga Anda. Nabi Muhammad juga senang membantu di sekitar rumah, sering melayani keluarganya.

Al-Aswad berkata,

“Saya bertanya, 'Aisyah, semoga Allah berkenan dengannya,' Apa yang dilakukan Nabi ketika dia bersama keluarganya?'Dia menjawab,' Dia akan melakukan pekerjaan untuk keluarganya, dan ketika tiba waktunya untuk shalat, dia akan pergi.”

4. Dengarkan Keluh kesahnya dan kebutuhan emosionalnya

Laki-laki tidak selalu harus berorientasi pada solusi kadang-kadang ketika wanita terbuka tentang masalah mereka. Hanya dengan menunjukkan empati dan pengertian bisa menjadi terapi bagi istri Anda. Akui emosinya dan hargailah sudut pandangnya dan beri dia perhatian penuh saat dia berbicara kepada Anda.

5. Berikan waktu luang untuk bisa bersama dengan istri Anda

Habiskan waktu berkualitas dengannya di rumah, tetapi juga cobalah mencari cara lain untuk membangun kebahagiaan Anda dan istri misalnya berjalan-jalan keluar bersamanya. Seperti yang dilakukan Nabi Muhammad dengan istrinya Aisyah.

Bahkan dengan mesra, Nabi Muhammad sempat bersama Aisyah menyaksikan atraksi perang budak Sudan di masjid. Aisyah bercerita: “Saat Hari Raya ‘Ied, biasanya ada dua budak Sudan memperlihatkan kebolehannya mempermainkan tombak dan perisai. Maka adakalanya aku sendiri yang meminta kepada Nabi Muhammad, atau beliau yang menawarkan kepadaku, ‘Apakah kamu mau melihatnya?’ Maka aku jawab, ‘Ya, mau.’ Maka beliau menempatkan aku berdiri di belakangnya, sementara pipiku bertemu dengan pipinya sambil beliau berkata, ‘Teruskan hai Bani Arfadah!’ Demikianlah seterusnya sampai aku merasa bosan lalu beliau berkata, ‘Apakah kamu merasa sudah cukup?’ Aku jawab, ‘Ya, sudah.’ Beliau lalu berkata, ‘Kalau begitu pergilah.’ (HR. Bukhari).

6. Panggilah Istri Anda dengan panggilan Sayang

Dalam beberapa riwayat, Nabi Muhammad memanggil istrinya Aisyah dengan panggilan sayang: `Āisy (HR. Bukhari, Muslim) dan Humairā` (HR. Baihaqi, Thabrani).

7. Jadilah Sahabatnya

Studi menunjukkan bahwa pasangan yang berteman baik memiliki pernikahan yang jauh lebih memuaskan. Contoh terbaik adalah Nabi Muhammad dan Khadijah. Mereka begitu banyak bersabar dari sakit hati emosional, pengabaian keluarga, boikot, dan bahkan kelaparan.

Namun mereka adalah pilar kekuatan satu sama lain. saling mendukung melalui setiap cobaan dan kesulitan. Allah menjanjikan Khadijah, tempat khusus di surga karena dia menciptakan lingkungan yang begitu tenang dan penuh kasih di rumah tangganya bersama Rasullulah.

Nabi Muhammad bersabda ‘... Dia (Khadijah) mempercayai saya ketika orang-orang tidak percaya kepada saya, dia menganggap saya jujur ketika orang lain menyebut saya pembohong, dia membelanjakan saya ketika orang lain menolak untuk membelanjakan saya. Allah memberkati saya dengan anak-anak melalui dia dan Dia tidak memberkati saya anak-anak melalui wanita lain'.

Buat istri Anda benar-benar merasakan dan percaya bahwa dia adalah hal yang paling dicintai oleh Anda, apa pun yang terjadi. Istri Anda ingin tahu bahwa Anda adalah penggemar terbesarnya, bahwa Anda percaya padanya dan bahwa di mata Anda ia adalah orang yang paling menakjubkan dan paling cantik. Beri dia kepercayaan diri itu dan tumbuhkan harga dirinya. Jangan pernah mengolok-olok atau meremehkannya dengan cara apa pun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini