nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nabi Muhammad Punya Sebutan Spesial untuk Umatnya yang Suka Baca Alquran

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 09:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 17 614 2056809 nabi-muhammad-punya-sebutan-spesial-untuk-umatnya-yang-suka-baca-alquran-sxjAR1WZGM.jpg Nabi Muhammad punya sebutan khusus untuk umatnya yang suka baca Alquran (Foto : Spiritualityray)

Salah satu aktivitas Ramadan yang disunahkan adalah tadarus Alquran. Satu huruf Alquran yang dilantunkan diganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatkan 10 kebaikan. Karenanya, sudah sepatutnya umat Islam membaca Alquran. Bahkan, Nabi Muhammad punya sebutan khusus untuk mereka yang gemar membaca Alquran. Ada yang tahu?

Dalam buku berjudul "Buku Pintar Sains dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah" karya Dr Nadiah Thayyarah, dijelaskan di sana Abu Musa Al-Asy'ari mengatakan, Nabi Muhammad pernah bersabda,

"Perumpamaan seorang mukmin yang membaca Alquran seperti limau, baunya harum dan rasanya enak." (HR. Bukhari dan Muslim).

Lebih lanjut, menurut Ibnu Al-Qayyim, pada buah limau terdapat manfaat yang luar biasa, mulai dari kulit, daging, rasa asam, dan bijinya. Kulit limau dapat mengharumkan udara yang kurang sedap, menambah cita rasa masakan, dan dapat membantu melancarkan pencernaan jika dicampurkan dengan makanan. Ada pun manfaat dagingnya ialah untuk menyejukkan perut.

Buah Limau disebut Nabi Muhammad

(Foto : Specialityproduce)

Sedangkan menurut Al-Ghafari, mengonsumsi daging buah limau bermanfaat untuk wasir. Ada pun rasa asamnya dapat mengobati sembelit, menghancurkan empedu, meredakan atau meringankan jantung yang berdebar-debar, dan mengobati sakit kuning.

Selain melezatkan makanan, limau juga bermanfaat untuk diare, serta berkhasiat untuk menutupi bintik-bintik di wajah.

Bahkan, Ibnu Masuyah, ahli kedokteran asal Suriah, menyatakan kalau limau itu mampu mencegah racun yang mematikan jika diminum dua takaran yang sudah dikupas dan dicampur dengan air hangat. Limau juga dapat digunakan untuk mengobati memar dengan cara mengoleskannya pada kulit.

Berdasar data medis, limau itu kaya akan vitamin C, B1, dan B2. Kulitnya banyak dimanfaatkan di beberapa negara untuk selai. Kulitnya yang mengelurakn aroma sedap ini ternyata mengandung minyak esensial yang digunakan untuk ekspektoran dan antikudis.

Manfaat lain dari limau ini dijelaskan Ibnu Sina. Menurut penjelasannya, limau itu dapat membersihkan mata, menghitamkan kelopak mata, menghilangkan bintik-bintik di wajah, dan meredakan nafsu birahi perempuan jika perasan airnya diminum. Rebusan daun limau dapat meredakan bengkak, menguatkan perut, dan menguatkan usus besar. Wallahua'lam.

Jadi buah yang diumpamakan Nabi Muhammad sebagai mukmin yang suka membaca Alquran ini kaya akan manfaat. Mungkin Anda ingin mencobanya?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini