nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Bagian Daging Kambing Kesukaan Nabi Muhammad Paling Sehat Dimakan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 11:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 16 614 2056376 ternyata-bagian-daging-kambing-kesukaan-nabi-muhammad-paling-sehat-dimakan-R6kS9vozIM.jpg Paha kambing kesukaan Nabi Muhammad (Foto : Taiwanhalalmeat)

Selain kurma dan semangka, ternyata Nabi Muhammad juga suka mengosumsi daging hewan. Salah satu panganan daging hewani yang disukai Rasulullah ialah daging kambing.

Bukti kalau Nabi Muhammad suka makan daging kambing, diriwayatkan Abu Hurairah ra bercerita:

كُنَّا مَعَ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – فِى دَعْوَةٍ ، فَرُفِعَ إِلَيْهِ الذِّرَاعُ ، وَكَانَتْ تُعْجِبُهُ ، فَنَهَسَ مِنْهَا نَهْسَةً

"Kami pernah bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sebuah undangan. Kemudian dibawakanlah paha kambing dan beliau menyukainya. Kemudian belia menggigitnya satu gigitan." (HR. Bukhari 3340 dan Muslim 501).

paha kambing kesukaan nabi

(Foto : Taiwanhalalmeat)

Terkait dengan daging kambing ini, Rasulullah pernah menjelaskan kalau daging paha kambing itu mudah dicerna dan mudah dimasak. Selain itu, tentunya lezat dan lebih steril dari risiko penyakit.

An-Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menukil keterangan al-Qadhi Iyadh,

قال القاضي عياض رحمه الله تعالى محبته صلى الله عليه وسلم للذراع لنضجها وسرعة استمرائها مع زيادة لذتها وحلاوة مذاقها وبعدها عن مواضع الأذى

Al-Qadhi Iyadh – rahimahullah – mengatakan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai paha kambing, karena mudah masak dan mudah dicerna, disamping lebih lezat dan lebih steril dari resiko penyakit. (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 3/65)

Lalu, bagaimana dunia medis menilai hal ini? Apakah memang paha kambing lebih baik dibanding bagian tubuh kambing lainnya?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, SpPD, menjelaskan kalau benar bahwa paha kambing lebih sehat karena bagian itu rendah lemak.

"Menurut hemat saya, kenapa paha kambing rendah lemak dan kolesterol jahat karena bagian itu yang paling aktif bergerak, jadi tidak menumpukkan lemak jahat," katanya pada Okezone melalui sambungan telepon, Kamis (16/5/2019).

Hal ini bisa dibandingkan dengan bagian perut kambing di mana biasanya di sana mengandung banyak lemak. Terlebih bagian jeroan seperti liver, jantung, paru, ati ampela, otak, dan usus, itu semua mengandung tinggi purin.

"Jeroan itu mengandung purin yang sangat tinggi yang mana bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, jadi saya juga nggak merekomendasikan masyarakat untuk mengonsumsi bagian ini terlalu banyak, bahkan beberapa orang tidak disarankan sama sekali terlebih mereka yang punya riwayat asam urat," imbuhnya.

Dengan kata lain, paha yang menjadi bagian daging kambing kesukaan Nabi Muhammad adalah yang paling sehat. Jadi, hindari bagian daging yang banyak lemak dan kolesterolnya agar sehat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini