Hindari Rasa Cemas dengan Membaca Doa Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 22 618 2172653 hindari-rasa-cemas-dengan-membaca-doa-ini-7qq5KRvebT.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

KECEMASAN kadang datang begitu saja, ini merupakan rasa yang sering dialami manusia. Namun sebenarnya sebagai Muslim tidak perlu khawatir akan sesuatu, bahkan masa depan.

Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan, terdapat salah satu doa agar manusia tidak terlalu cemas dengan persoalan hidup. "Ada doanya," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat, 21 Februari 2020.

Berikut adalah doa agar terhindar dari kecemasan:

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a'udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola'id daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)."

Doa di atas menjelaskan bahwasannya manusia hanyalah makhluk biasa yang bisa didera rasa tidak percaya diri atau cemas. Oleh karena itu, sebagai Muslim harus senantiasa memohon dan berlindung kepada Allah SWT.

Namun di sisi lain, kata Asroni, doa yang dipanjantkan tidak harus menggunakan bahasa Arab. Namun bisa menggunakan Bahasa apa saja, termasuk Indonesia.

"Boleh juga berdoa dengan bahasa daerah, atau bahasa Indonesia agar dihilangkan rasa ketakutan dan kecemasan yang menyelimuti, karena Alah SWT mempunyai sifat saami' (Maha mendengar), etiap doa yang dipanjatkan oleh hamba-hambanya," pungkasnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini