nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sultan Nazrin Shah: Kejayaan Umat Islam Tergantung pada Upaya Generasi M

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 14:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 24 614 2173275 sultan-nazrin-shah-kejayaan-umat-islam-tergantung-pada-upaya-generasi-m-zOLTddspD1.jpg Generasi M (Foto: New York Times)

Kejayaan umat Islam di masa depan bergantung pada keberhasilan yang dicapai oleh generasi muda muslim atau generasi M. Hal ini diungkapkan oleh Sultan Perak, Sultan Nazrin Shah dari Malaysia.

Menurut Sultan Nazrin Shah, generasi M terdiri dari mereka yang berusia di bawah 30 tahun. Peran generasi M sangat penting dan sangat berpengaruh dalam menggerakkan dan membentuk arah masa depan umat dan dunia.

Generasi M, kata Sultan Nazrin Shah, memiliki rasa percaya diri dan kenyamanan dalam menggabungkan iman dan modernitas. Mereka tidak menghilangkan nilai-nilai tradisional dengan mudah tanpa terlebih dahulu memverifikasi fakta dan data dan membuktikan relevansinya di dunia saat ini.

 Sultan Nazrin Shah

“Mereka membutuhkan pemahaman dan rasionalitas masalah. Mereka juga mempraktikkan budaya dialog, bertanya, berdebat dan budaya berinteraksi."

“Mereka bukan lagi orang-orang yang duduk bersila di atas tikar, hanya mendengar dan menerima secara pasif apa yang dikatakan orang lain. Namun melalui internet, mereka memiliki sumber pengetahuan alternatif yang memungkinkan mereka untuk belajar dan membuat perbandingan untuk verifikasi,” jelas Sultan Nazrin Shah.

Seperti dilansir dari Malay Mail, Senin (24/2/2020), Sultan Nazrin Shah mengatakan, generasi M juga memiliki modal intelektual, memandang dunia dengan lensa yang lebih luas dan lebih kompleks dan percaya bahwa Islam harus dapat diterima oleh dunia.

Mereka, lanjut Sultan Nazrin Shah, memilih untuk memainkan peran sebagai Duta Besar Islam. Yakni menyampaikan pesan moderasi Islam, memandang dunia sebagai tahap pertemuan budaya, bukan benturan budaya, dan menafsirkan keanekaragaman budaya sebagai keindahan yang melambangkan kekayaan ciptaan dan kebesaran Tuhan.

Oleh karena itu, Sultan Nazrin Shah menekankan, perlunya generasi yang lebih tua untuk memahami pemikiran dan jiwa generasi M, serta merumuskan pendekatan yang akan menjadikan mereka aset berharga untuk memotivasi dan mendorong generasi M untuk menjadi kekuatan utama dalam mengangkat martabat umat Islam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini