nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Doa Buka Puasa Rajab, Coba Amalkan

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 00:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 24 618 2173474 ini-doa-buka-puasa-rajab-coba-amalkan-x5nLi6uiA4.jpg Puasa Rajab (Foto: Pxhere)

Tanggal 1 Bulan Rajab 1441 Hijriyah datang kembali. Tepatnya jatuh pada 25 Februari 2020. Umat Islam pun disunahkan untuk melaksanakan puasa Rajab, karena memiliki banyak keutamaan.

Berikut ini adalah niat puasa sunah Rajab,

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT"

 Puasa

Ketika matahari mulai tenggelam, maka saatnya untuk berbuka puasa Rajab dan tentu sebelumnya harus membaca doa berbuka puasa terlebih dahulu. Lalu bagaimana doanya?

Dai Muda Nahdlatul Ulama, Ustadz M Najmi Fathoni mengatakan, terkait dengan doa berbuka puasa Rajab sama saja dengan doa (buka puasa) pada umumnya dan tidak ada yang membedakan.

"Mengenai doa berbuka puasa Rajab, sama saja kalau doa untuk berbuka puasa. Puasa apapun juga (red. wajib maupun sunah)," katanya saat dihubungi Okezone, Selasa (25/2/2020).

Berikut ini adalah doa berbuka puasa Rajab maupun jenis puasa apapun, yaitu:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika amantu wa'ala rizkika afthortu birohmatika yaa arhamarra himiin

Artinya: "Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."

Lebih lanjut, kata Najmi, setelah membaca doa berbuka puasa tersebut, dilanjutkan dengan doa sebelum makan, yakni:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa 'adzaa bannar

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka."

Ustadz Najmi mengatakan, saat berbuka puasa disunahkan menyantap makanan atau minuman manis terlebih dahulu. Terutama dengan buah kurma yang memiliki manfaat besar.

"Disunahkan tetap, berbuka puasa dengan yang manis-manis atau kurma, itu bagus sekali untuk memulihkan stamina yang selama satu hari kita menahan berpuasa," ucapnya.

Lebih lanjut, kata dia, melaksanakan puasa Rajab terdapat berkah yang sangatlah melimpah dan luar biasa. Salah satunya adalah menyehatkan stamina tubuh. "Dan puasa Rajab sendiri berkahnya sangatlah banyak karena Allah yang akan membalasnya (bagi yang berpuasa)," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini