Doa Agar Terhindar dari COVID-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 618 2176912 doa-agar-terhindar-dari-covid-19-jZsRRrruzm.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

VIRUS korona (COVID-19) masuk ke Indonesia dan menjangkiti warga Depok, Jawa Barat. Mereka terkena virus setelah menerima tamu asal Jepang.

Sementara bagi yang sehat tentu perlu mengantisipasi penularan virus korona COVID-19. Lalu bagaimana cara yang diajarkan Islam agar tidak tertular virus tersebut?

Ketua Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadist Indonesia Ustadz Fauzan Amin menuturkan, dalam Islam langkah pencegahannya bisa dilakukan dengan berwudhu, sebab wudhu pada dasarnya bagian dari mensucikan diri dari segala kotoran yang bisa menimbulkan penyakit.

“Berwudhu itu di samping cuci tangan, muka, dan lain-lain, juga membersihkan jiwa dari penyakit hati,” ujarnya saat dihubungi Okezone.

Langkah selanjutkan agar terhindar dari virus mematika, kata Fauzan untuk sementara jangan melakukan kontak fisik atau hubungan langsung dengan seseorang yang sudah terjangkit. Hal ini selaras dengan riwayat hadist tentang wabah penyakit yang disebut kusta. Dalam hadist itu Rasulullah SAW bersabda:

‏ لاَ تُدِيمُوا النَّظَرَ إِلَى الْمَجْذُومِينَ

Artinya: “Jangan kamu terus menerus melihat orang yang menghidap penyakit kusta,”(HR Bukhori).

Kedua, menghindari wilayah yang sedang terkena wabah penyakit. Namun jika kita (umat Islam) sedang berada di tempat yang terkena suatu wabah penyakit, maka jangan pernah meninggalkannya. Nabi Muhammad SAW bersabda:

إِذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلاَ تَدْخُلُوهَا، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلاَ تَخْرُجُوا مِنْهَا

Artinya: “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.” (HR Bukhari).

Lebih lanjut, kata dia, cara pencegahan menularnya suatu wabah penyakit adalah memperbanyak doa dan istighfar kepada Allah. Berikut ini adalah doa yang juga diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

Artinya: “Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra dan keburukan segala macam penyakit.”

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya